SELAMAT DATANG DI BLOG GANTENG

Kamis, 29 Desember 2011

PERMENDIKNAS NO 41 TAHUN 2007 - STANDAR PROSES

PERATURAN
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
REPUBLIKINDONESIA
NOMOR41TAHUN2007
TENTANG
STANDARPROSES
UNTUK SATUANPENDIDIKAN DASAR
DANMENENGAH
DENGANRAHMAT TUHANYANGMAHAESA
MENTERIPENDIDIKANNASIONAL,
Menimbang : bahwadalamrangkapelaksanaan ketentuanPasal24Peraturan
PemerintahNomor19Tahun2005tentangStandarNasional
Pendidikan,perlumenetapkanPeraturanMenteriPendidikan
NasionaltentangStandarProsesUntukSatuanPendidikanDasardan
Menengah;
Mengingat : 1. Undang-UndangNomor 20Tahun2003tentangSistemPendidikan
Nasional(LembaranNegaraRepublikIndonesiaTahun2003Nomor
78,TambahanLembaranNegaraRepublikIndonesiaNomor4301);
2. PeraturanPemerintahNomor19Tahun2005tentangStandar
NasionalPendidikan(LembaranNegaraRepublikIndonesiaTahun
2005Nomor41,TambahanLembaranNegaraRepublikIndonesia
Nomor4496);
3. PeraturanPresidenNomor9Tahun2005tentangKedudukan,
Tugas,Fungsi,SusunanOrganisasi,danTatakerjaKementerian
NegaraRepublikIndonesiasebagaimanatelahdiubahdengan
PeraturanPresidenNomor62Tahun2005;
4. KeputusanPresidenNomor187/MTahun2004mengenai
pembentukanKabinetIndonesiaBersatusebagaimanatelah
beberapakalidiubahterakhirdenganKeputusanPresidenNomor
31/PTahun2007;
MEMUTUSKAN:
Menetapkan : PERATURANMENTERIPENDIDIKANNASIONALTENTANGSTANDAR
PROSESUNTUKSATUANPENDIDIKANDASARDANMENENGAH.Pasal1
(1)Standarprosesuntuksatuanpendidikandasardanmenengahmencakup
perencanaanprosespembelajaran,pelaksanaanprosespembelajaran,penilaian
hasilpembelajaran,danpengawasanprosespembelajaran.
(2) StandarProsessebagaimanadimaksudpadaayat(1)tercantumpadaLampiran
PeraturanMenteriini.
Pasal2
PeraturanMenteriinimulaiberlakupadatanggalditetapkan.
DitetapkandiJakarta
padatanggal23November2007
MENTERIPENDIDIKANNASIONAL,
TTD.
BAMBANGSUDIBYO
Salinansesuaidenganaslinya.
BiroHukumdanOrganisasi
DepartemenPendidikanNasional,
KepalaBagianPenyusunanRancangan
PeraturanPerundang-undangandanBantuanHukumI,
Muslikh,S.H.
NIP131479478LAMPIRAN
PERATURANMENTERIPENDIDIKANNASIONAL
NOMOR 41 TAHUN 2007
TANGGAL23NOVEMBER2007
STANDARPROSESUNTUKSATUANPENDIDIKAN
DASARDANMENENGAH
I. PENDAHULUAN
Dalamrangkapembaharuansistempendidikannasionaltelahditetapkanvisi,
misidanstrategipembangunanpendidikannasional.Visipendidikannasionaladalah
terwujudnyasistempendidikansebagaipranatasosialyangkuatdanberwibawauntuk
memberdayakansemuawarga negaraIndonesiaberkembangmenjadimanusiayang
berkualitassehinggamampudanproaktifmenjawabtantanganzamanyangselalu
berubah.
Terkaitdenganvisitersebuttelahditetapkanserangkaianprinsip
penyelenggaraanpendidikanuntukdijadikanlandasandalampelaksanaanreformasi
pendidikan.Salahsatuprinsiptersebutadalahpendidikandiselenggarakansebagai
prosespembudayaandanpemberdayaanpesertadidikyangberlangsungsepanjang
hayat.Dalamprosestersebutdiperlukanguruyangmemberikanketeladanan,
membangunkemauan,danmengembangkanpotensidankreativitaspesertadidik.
Implikasidariprinsipiniadalahpergeseranparadigmaprosespendidikan,yaitudari
paradigmapengajarankeparadigmapembelajaran.Pembelajaranadalahproses
interaksipesertadidikdengangurudansumberbelajarpadasuatulingkungan
belajar.Prosespembelajaranperludirencanakan,dilaksanakan,dinilai,dandiawasi
agarterlaksanasecaraefektifdanefisien.
Mengingatkebhinekaanbudaya,keragamanlatarbelakangdankarakteristik
pesertadidik,sertatuntutanuntukmenghasilkanlulusanyangbermutu,proses
pembelajaranuntuksetiapmatapelajaranharusfleksibel,bervariasi,danmemenuhi
standar.Prosespembelajaranpadasetiapsatuanpendidikandasardanmenengah
harusinteraktif,inspiratif,menyenangkan,menantang,danmemotivasipesertadidik
untukberpartisipasiaktif,sertamemberikanruangyangcukupbagiprakarsa,
kreativitas,dankemandiriansesuaidenganbakat,minat,danperkembanganfisik
sertapsikologispeserta didik.
SesuaidenganamanatPeraturanPemerintahNomor19tahun2005tentang
StandarNasionalPendidikansalahsatustandaryangharusdikembangkanadalah
standarproses.Standarprosesadalahstandarnasionalpendidikanyangberkaitan
denganpelaksanaan pembelajaranpadasatuanpendidikanuntukmencapai
kompetensilulusan.Standarprosesberisikriteriaminimalprosespembelajaranpada
satuanpendidikandasardanmenengahdiseluruhwilayahhukumNegaraKesatuan
RepublikIndonesia.Standarprosesiniberlakuuntukjenjangpendidikandasardan
menengahpada jalurformal,baikpadasistempaketmaupunpadasistemkredit
semester.
Standarprosesmeliputiperencanaanprosespembelajaran,pelaksanaanproses
pembelajaran,penilaianhasilpembelajaran,danpengawasanprosespembelajaran
untukterlaksananyaprosespembelajaranyangefektifdanefisien.II.PERENCANAANPROSESPEMBELAJARAN
Perencanaanprosespembelajaranmeliputisilabusdanrencanapelaksanaan
pembelajaran(RPP)yangmemuatidentitasmatapelajaran,standarkompetensi(SK),
kompetensidasar(KD),indikatorpencapaiankompetensi,tujuanpembelajaran,
materiajar,alokasiwaktu,metodepembelajaran,kegiatanpembelajaran,penilaian
hasilbelajar,dansumberbelajar.
A. Silabus
SilabussebagaiacuanpengembanganRPPmemuatidentitasmatapelajaran
atautemapelajaran,SK,KD,materipembelajaran,kegiatanpembelajaran,
indikatorpencapaiankompetensi,penilaian,alokasiwaktu,dansumberbelajar.
SilabusdikembangkanolehsatuanpendidikanberdasarkanStandarIsi(SI)dan
StandarKompetensiLulusan(SKL),sertapanduanpenyusunanKurikulumTingkat
SatuanPendidikan(KTSP).Dalampelaksanaannya,pengembangansilabusdapat
dilakukanolehparagurusecaramandiriatauberkelompokdalamsebuahsekolah/
madrasahataubeberapasekolah,kelompokMusyawarah GuruMataPelajaran
(MGMP)atauPusatKegiatanGuru(PKG),danDinasPendidikan.Pengembangan
silabusdisusundibawahsupervisidinaskabupaten/kotayangbertanggungjawab
dibidangpendidikanuntuk SDdanSMP,dandinasprovinsiyangbertanggung
jawabdibidangpendidikanuntukSMA danSMK,sertadepartemenyangmenangani
urusanpemerintahandibidangagamauntukMl,MTs,MA,danMAK.
B. RencanaPelaksanaanPembelajaran
RPPdijabarkandarisilabusuntukmengarahkankegiatanbelajarpesertadidik
dalamupayamencapaiKD.Setiapgurupadasatuanpendidikanberkewajiban
menyusunRPPsecaralengkapdansistematisagarpembelajaranberlangsung
secarainteraktif,inspiratif,menyenangkan,menantang,memotivasipesertadidik
untukberpartisipasiaktif,sertamemberikanruangyangcukupbagiprakarsa,
kreativitas,dankemandiriansesuaidenganbakat,minat,danperkembanganfisik
sertapsikologispesertadidik.
RPPdisusununtuksetiapKDyangdapatdilaksanakandalamsatukali
pertemuanataulebih.GurumerancangpenggalanRPPuntuksetiappertemuan
yangdisesuaikandenganpenjadwalandisatuanpendidikan.
KomponenRPPadalah:
1. Identitasmatapelajaran
Identitasmatapelajaran,meliputi:satuanpendidikan,kelas,semester,
program/programkeahlian,matapelajaranatautemapelajaran,jumlah
pertemuan.
2. Standarkompetensi
Standarkompetensimerupakankualifikasikemampuanminimalpesertadidik
yangmenggambarkan penguasaanpengetahuan,sikap,danketerampilan yang
diharapkandicapaipadasetiapkelasdan/atausemesterpadasuatumata
pelajaran.3. Kompetensidasar
Kompetensidasaradalahsejumlahkemampuanyangharusdikuasaipeserta
didikdalammatapelajarantertentusebagairujukanpenyusunanindikator
kompetensidalamsuatupelajaran.
4. Indikatorpencapaiankompetensi
Indikatorkompetensiadalahperilakuyangdapatdiukurdan/ataudiobservasi
untukmenunjukkanketercapaiankompetensidasartertentuyangmenjadi
acuanpenilaianmatapelajaran.Indikatorpencapaiankompetensidirumuskan
denganmenggunakankatakerjaoperasionalyangdapatdiamatidandiukur,
yangmencakuppengetahuan,sikap,danketerampilan.
5. Tujuanpembelajaran
Tujuanpembelajaranmenggambarkanprosesdanhasilbelajaryangdiharapkan
dicapaiolehpesertadidiksesuaidengankompetensidasar.
6. Materiajar
Materiajarmemuatfakta,konsep,prinsip,danprosedur yangrelevan,dan
ditulisdalambentukbutir-butirsesuaidenganrumusanindikatorpencapaian
kompetensi.
7. Alokasiwaktu
Alokasiwaktu ditentukan sesuaidengankeperluanuntukpencapaianKDdan
bebanbelajar.
8. Metodepembelajaran
Metodepembelajarandigunakanolehguruuntukmewujudkansuasanabelajar
danprosespembelajaranagarpesertadidikmencapaikompetensidasaratau
seperangkatindikatoryangtelahditetapkan.Pemilihanmetodepembelajaran
disesuaikandengansituasidankondisipesertadidik,sertakarakteristikdari
setiapindikatordankompetensiyanghendakdicapaipadasetiapmata
pelajaran.Pendekatanpembelajarantematikdigunakanuntukpesertadidik
kelas1sampaikelas3SD/MI.
9. Kegiatanpembelajaran
a. Pendahuluan
Pendahuluanmerupakankegiatanawaldalamsuatupertemuan
pembelajaranyangditujukanuntukmembangkitkanmotivasidan
memfokuskanperhatianpesertadidikuntukberpartisipasiaktifdalam
prosespembelajaran.
b. Inti
Kegiataninti merupakanprosespembelajaranuntukmencapaiKD.Kegiatan
pembelajarandilakukansecarainteraktif,inspiratif,menyenangkan,
menantang,memotivasipesertadidikuntukberpartisipasiaktif,serta
memberikanruangyangcukupbagiprakarsa,kreativitas,dankemandirian
sesuaidenganbakat,minat,danperkembanganfisiksertapsikologispeserta
didik.Kegiataninidilakukansecarasistematisdansistemikmelaluiproses
eksplorasi,elaborasi,dankonfirmasi.c. Penutup
Penutupmerupakankegiatanyangdilakukanuntukmengakhiriaktivitas
pembelajaranyangdapatdilakukandalambentukrangkumanatau
kesimpulan,penilaiandanrefleksi,umpanbalik,dantindaklanjut.
10. Penilaianhasilbelajar
Prosedurdan instrumenpenilaianprosesdanhasil belajardisesuaikan dengan
indikatorpencapaiankompetensidanmengacukepadaStandarPenilaian.
11. Sumberbelajar
Penentuansumberbelajardidasarkanpadastandar kompetensidankompetensi
dasar, sertamateriajar, kegiatanpembelajaran,danindikatorpencapaiankom
petensi.
C.Prinsip-prinsipPenyusunanRPP
1. Memperhatikanperbedaanindividupesertadidik
RPPdisusundenganmemperhatikanperbedaanjenis kelamin,kemampuan
awal,tingkatintelektual,minat, motivasibelajar,bakat,potensi,kemampuan
sosial, emosi,gaya belajar,kebutuhankhusus,kecepatan belajar,latar
belakangbudaya,norma,nilai,dan/atau lingkunganpesertadidik.
2. Mendorongpartisipasiaktifpesertadidik
Prosespembelajarandirancangdenganberpusatpada pesertadidikuntuk
mendorongmotivasi,minat,kreativitas,inisiatif, inspirasi,kemandirian,dan
semangat belajar.
3. Mengembangkanbudayamembacadanmenulis
Prosespembelajarandirancanguntukmengembangkankegemaranmembaca,
pemahamanberagambacaan,danberekspresidalamberbagaibentuktulisan
4. Memberikanumpanbalikdantindaklanjut
RPPmemuatrancanganprogrampemberianumpan balikpositif, penguatan,
pengayaan,danremedi.
5. Keterkaitandanketerpaduan
RPPdisusundenganmemperhatikanketerkaitan danketerpaduanantaraSK,
KD,materipembelajaran,kegiatanpembelajaran,indikatorpencapaian
kompetensi,penilaian,dansumberbelajardalamsatukeutuhanpengalaman
belajar. RPPdisusundenganmengakomodasikanpembelajarantematik,
keterpaduanlintasmatapelajaran,lintasaspekbelajar,dankeragaman
budaya.
6. Menerapkanteknologiinformasidankomunikasi
RPPdisusundenganmempertimbangkanpenerapanteknologiinformasidan
komunikasisecaraterintegrasi,sistematis,danefektifsesuaidengansituasi
dan kondisi.III.PELAKSANAANPROSESPEMBELAJARAN
A. PersyaratanPelaksanaanProsesPembelajaran
1. Rombonganbelajar
Jumlahmaksimalpesertadidiksetiaprombonganbelajaradalah:
a. SD/MI :28pesertadidik
b. SMP/MT :32pesertadidik
c. SMA/MA :32pesertadidik
d. SMK/MAK:32pesertadidik
2. Bebankerjaminimalguru
a. bebankerjagurumencakupkegiatanpokokyaitumerencanakan
pembelajaran,melaksanakanpembelajaran,menilaihasilpembelajaran,
membimbingdanmelatih pesertadidik,sertamelaksanakantugas
tambahan;
b. bebankerjagurusebagaimanadimaksudpada hurufadiatasadalah
sekurang-kurangnya24(dua puluhempat)jamtatapmukadalam1(satu)
minggu.
3. Bukutekspelajaran
a. bukutekspelajaranyangakandigunakanolehsekolah/madrasahdipilih
melaluirapatgurudenganpertimbangankomitesekolah/madrasahdari
bukubukutekspelajaranyangditetapkanolehMenteri;
b. rasiobukutekspelajaranuntukpesertadidikadalah 1:1permata
pelajaran;
c. selainbukutekspelajaran,gurumenggunakan bukupanduanguru,buku
pengayaan,bukureferensidansumberbelajarlainnya;
d. gurumembiasakanpesertadidikmenggunakanbuku-bukudansumber
belajarlainyangadadiperpustakaansekolah/madrasah.
4. Pengelolaankelas
a. gurumengaturtempatduduksesuaidengankarakteristikpesertadidikdan
matapelajaran,sertaaktivitaspembelajaranyangakandilakukan;
b. volumedanintonasisuaragurudalamprosespembelajaranharusdapat
didengardenganbaikolehpesertadidik;
c. tuturkatagurusantundandapatdimengertiolehpesertadidik;
d. gurumenyesuaikanmateripelajarandengankecepatandankemampuan
belajarpesertadidik;
e. gurumenciptakanketertiban,kedisiplinan,kenyamanan,keselamatan,dan
kepatuhanpadaperaturandalammenyelenggarakanprosespembelajaran;
f. gurumemberikanpenguatandan umpanbalikterhadapresponsdanhasil
belajarpesertadidikselamaprosespembelajaranberlangsung;
g. gurumenghargaipesertadidiktanpamemandanglatarbelakangagama,
suku,jeniskelamin,danstatussosialekonomi;
h. gurumenghargaipendapatpesertadidik;i. gurumemakaipakaianyangsopan,bersih,danrapi;
j. padatiapawalsemester,gurumenyampaikansilabusmatapelajaranyang
diampunya;dan
k. gurumemulaidanmengakhiriprosespembelajaransesuaidenganwaktu
yangdijadwalkan.
B. PelaksanaanPembelajaran
PelaksanaanpembelajaranmerupakanimplementasidariRPP.Pelaksanaan
pembelajaranmeliputikegiatanpendahuluan,kegiatanintidankegiatanpenutup.
1. KegiatanPendahuluan
Dalamkegiatanpendahuluan,guru:
a. menyiapkanpesertadidiksecarapsikisdanfisikuntukmengikutiproses
pembelajaran;
b. mengajukanpertanyaan-pertanyaanyangmengaitkanpengetahuan
sebelumnyadenganmateriyangakandipelajari;
c. menjelaskantujuanpembelajaranataukompetensidasaryangakan
dicapai;
d. menyampaikan cakupan materidan penjelasanuraiankegiatansesuai
silabus.
2. KegiatanInti
Pelaksanaankegiatanintimerupakanprosespembelajaranuntuk
mencapaiKDyangdilakukansecara interaktif,inspiratif,menyenangkan,
menantang,memotivasipesertadidikuntukberpartisipasiaktif,serta
memberikanruangyangcukupbagiprakarsa, kreativitas,dankemandirian
sesuaidenganbakat,minatdan perkembanganfisiksertapsikologispeserta
didik.
Kegiatanintimenggunakanmetodeyangdisesuaikandengan
karakteristikpesertadidikdanmata pelajaran,yangdapatmeliputiproses
eksplorasi,elaborasi dankonfirmasi.
a. Eksplorasi
Dalamkegiataneksplorasi,guru:
1) melibatkanpesertadidikmencariinformasi yangluasdandalamtentang
topik/temamateri yangakandipelajaridenganmenerapkanprinsipalam
takambangjadigurudanbelajardari anekasumber;
2) menggunakanberagampendekatanpembelajaran,mediapembelajaran,
dansumberbelajarlain;
3) memfasilitasiterjadinyainteraksiantarpeserta didiksertaantara
pesertadidikdenganguru, lingkungan,dansumberbelajarlainnya;
4) melibatkanpesertadidiksecaraaktifdalamsetiapkegiatan
pembelajaran;dan
5) memfasilitasipesertadidikmelakukanpercobaandilaboratorium,
studio,ataulapangan.b. Elaborasi
Dalamkegiatanelaborasi,guru:
1) membiasakanpesertadidikmembacadanmenulisyangberagammelalui
tugas-tugastertentuyangbermakna;
2) memfasilitasipesertadidikmelaluipemberiantugas,diskusi,danlain-
lainuntukmemunculkangagasanbarubaiksecaralisanmaupuntertulis;
3) memberikesempatanuntukberpikir,menganalisis,menyelesaikan
masalah,danbertindaktanparasatakut;
4) memfasilitasipesertadidikdalampembelajarankooperatifdan
kolaboratif;
5) memfasilitasipesertadidikberkompetisisecarasehatuntuk
meningkatkanprestasibelajar;
6) memfasilitasipesertadidikmembuatlaporaneksplorasiyangdilakukan
baiklisanmaupuntertulis,secaraindividualmaupunkelompok;
7) memfasilitasipesertadidikuntukmenyajikanhasilkerjaindividual
maupunkelompok;
8) memfasilitasipesertadidikmelakukanpameran,turnamen,festival,
sertaprodukyangdihasilkan;
9) memfasilitasipesertadidikmelakukankegiatanyangmenumbuhkan
kebanggaandanrasapercayadiripesertadidik.
c. Konfirmasi
Dalamkegiatankonfirmasi,guru:
1) memberikanumpanbalikpositifdanpenguatandalambentuklisan,
tulisan,isyarat,maupun hadiahterhadapkeberhasilanpesertadidik,
2) memberikankonfirmasiterhadaphasileksplorasidanelaborasipeserta
didikmelaluiberbagaisumber,
3) memfasilitasipesertadidikmelakukanrefleksi untukmemperoleh
pengalamanbelajaryang telahdilakukan,
4) memfasilitasipesertadidikuntukmemperolehpengalamanyang
bermaknadalammencapai kompetensidasar:
a) berfungsisebagainarasumberdanfasilitatordalammenjawab
pertanyaanpesertadidikyangmenghadapikesulitan,dengar
menggunakanbahasayangbakudanbenar;
b) membantumenyelesaikanmasalah;
c) memberiacuanagarpesertadidikdapat melakukanpengecekanhasil
eksplorasi;
d) memberiinformasiuntukbereksplorasilebihjauh;
e) memberikanmotivasikepadapesertadidikyangkurangataubelum
berpartisipasiaktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalamkegiatanpenutup,guru:a. bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendirimembuat
rangkuman/simpulanpelajaran;
b. melakukanpenilaiandan/ataurefleksiterhadapkegiatanyangsudah
dilaksanakansecarakonsistendanterprogram;
c. memberikanumpanbalikterhadapprosesdanhasilpembelajaran;
d. merencanakankegiatantindaklanjutdalambentukpembelajaranremedi,
programpengayaan,layanankonselingdan/ataumemberikantugasbaik
tugasindividualmaupunkelompoksesuaidenganhasilbelajarpesertadidik;
e. menyampaikanrencanapembelajaranpadapertemuanberikutnya.
IV.PENILAIANHASILPEMBELAJARAN
Penilaiandilakukanolehguruterhadaphasilpembelajaranuntukmengukur
tingkatpencapaiankompetensipesertadidik,sertadigunakansebagaibahan
penyusunanlaporankemajuanhasilbelajar,danmemperbaikiprosespembelajaran.
Penilaiandilakukansecarakonsisten,sistematik,danterprogramdengan
menggunakantesdannontesdalambentuktertulisataulisan,pengamatankinerja,
pengukuransikap,penilaianhasilkaryaberupatugas,proyekdan/atauproduk,
portofolio,danpenilaiandiri.PenilaianhasilpembelajaranmenggunakanStandar
PenilaianPendidikandanPanduanPenilaianKelompokMataPelajaran.
V.PENGAWASANPROSESPEMBELAJARAN
A. Pemantauan
1. Pemantauanprosespembelajarandilakukanpadatahapperencanaan,
pelaksanaan,danpenilaianhasilpembelajaran.
2. Pemantauandilakukandengancaradiskusikelompok terfokus,pengamatan,
pencatatan,perekaman,wawacara,dandokumentasi.
3. Kegiatanpemantauandilaksanakanolehkepaladan pengawassatuan
pendidikan.
B. Supervisi
1. Supervisiprosespembelajarandilakukanpadatahap perencanaan,
pelaksanaan,danpenilaianhasilpembelajaran.
2. Supervisipembelajarandiselenggarakandengancara pemberiancontoh,
diskusi,pelatihan,dankonsultasi
3. Kegiatansupervisidilakukanolehkepaladanpengawassatuanpendidikan.
C. Evaluasi
1. Evaluasiprosespembelajarandilakukanuntukmenentukankualitas
pembelajaransecarakeseluruhan, mencakuptahapperencanaanproses
pembelajaran, pelaksanaanprosespembelajaran,danpenilaianhasil
pembelajaran.2. Evaluasiprosespembelajarandiselenggarakandengancara:
a. membandingkanprosespembelajaranyangdilaksanakangurudengan
standarproses,
b. mengidentifikasikinerjagurudalam prosespembelajaransesuaidengan
kompetensiguru.
3. Evaluasiprosespembelajaranmemusatkanpadakeseluruhankinerjaguru
dalamprosespembelajaran.
D. Pelaporan
Hasilkegiatanpemantauan,supervisi,danevaluasiprosespembelajaran
dilaporkankepadapemangkukepentingan.
E. Tindak lanjut
1. Penguatandanpenghargaandiberikankepadaguruyangtelahmemenuhi
standar.
2. Teguranyangbersifatmendidikdiberikankepadaguruyangbelummemenuhi
standar.
3. Gurudiberikesempatanuntukmengikutipelatihan/penataranlebihlanjut.
MENTERIPENDIDIKANNASIONAL,
TTD.
BAMBANGSUDIBYO
Salinansesuaidenganaslinya.
BiroHukumdanOrganisasi
DepartemenPendidikanNasional,
KepalaBagianPenyusunanRancangan
PeraturanPerundang-undangandanBantuanHukumI,
Muslikh,S.H.
NIP131479478GLOSARIUM
Afektif Berkaitandengansikap,perasaandannilai.
Alamtakambang
jadiguru
Menjadikan alam dalam lingkungan sekitar sebagaisumberbelajar,
tempatberguru.
Bebankerja
guru
1.Sekurang-kurangnya 24jamtatapmuka dalamsatuminggu,
mencakupkegiatanpokok merencanakanpembelajaran,
melaksanakan pembelajaran,menilaihasilpembelajaran
membimbingdanmelatihpesertadidik,serta melaksanakan
tugastambahan(UUNo. 14 Tahun2005Pasal35ayat1dan 2).
2.Bebanmaksimaldalammengorganisasikan prosesbelajardan
pembelajaranyangbermutu:SD/MI/SDLB27jam@35menit,
SMP/MTs/SMPLB18jam@40menit,SMA/MA/SMK/MAK/SMALB18
jam@45menit (StandarProses).
Belajar Perubahanyangrelatifpermanendalamkapasitaspribadi seseorang
sebagaiakibatpengolahanataspengalamanyangdiperolehnyadan
praktikyangdilakukannya.
Belajaraktif Kegiatanmengolahpengalamandanataupraktik dengancara
mendengar,membaca,menulis, mendiskusikan, merefleksi
rangsangan, dan memecahkanmasalah.
Belajarmandiri Kegiatanatasprakarsasendiridalammenginternalisasi
pengetahuan,sikapdanketerampilan,tanpatergantungatau
mendapatbimbinganlangsungdarioranglain.
Budaya
membaca
menulis
Semuakegiatanyangberkenaandengankemampuanberbahasa
(mendengarkan,berbicara,membaca,danmenulis). Proses
penulisandilakukandenganketerlibatanpesertadidikdengan
tahapankegiatan:prapenulisan,buram1,revisi,buram2,
pengecekantandabaca,danterakhirpublikasi dimanapesertadidik
menentukankaryanyadimuatdibukukelas,mading,majalah
sekolah,ataumajalahyangadadidaerahsetempat.
Dayasaing Kemampuanuntukmenunjukkanhasillebihbaik,lebihcepatatau
lebihbermakna.
Indikator
kompetensi
Buktiyang menunjukkantelahdikuasainyakompetensidasar
Klasikal Caramengelolakegiatanbelajardengansejumlahpesertadidik
dalamsuatukelas,yangmemungkinkanbelajarbersama,
berkelompokdanindividual.
Kognitif Berkaitandenganataumeliputiprosesrasionaluntukmenguasai
pengetahuandanpemahamankonseptual.Periksataksonomitujuan
belajarkognitif.
Kolaboratif Kerjasamadalampemecahanmasalahdan ataupenyelesaiansuatu
tugasdimanatiapanggotamelaksanakanfungsiyangsalingmengisi
danmelengkapi.
Kolokium Suatukegiatanakademikdimanaseseorangmempresentasikanapa
yangtelahdipelajarikepadasuatukelompokataukelas,danmenjawabpertanyaanmengenaipresentasinyadarianggota
kelompokataukelas.
Kompetensi 1.Seperangkat tindakan cerdas, penuhtanggungjawabyang dimiliki
seseorangsebagaisyaratuntukdianggapmampuolehmasyarakat
dalam melaksanakan tugas-tugasdibidangpekerjaantertentu.
2. Keseluruhan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang
dinyatakan dengan ciri yang dapat diukur.
Kompetensi
dasar(KD)
Kemampuanminimalyangdiperlukanuntukmelaksanakantugas
ataupekerjaandenganefektif.
Kooperatif Kegiatanyangdilakukandalamkelompokdemiuntukkepentingan
bersama(mutualbenefit).
Metakognisi Kognisi yanglebihkomprehensif.meliputipengetahuanstrategik
(mampumembuatringkasanmenyusunstruktur pengetahuan),
pengetahuan tentangtugaskognitif(mengetahuituntutan kognitif
untukberbagaikeperluan),danpengetahuantentangdiri(Briggs
menggunakanistilah"prinsip").
Paradigma Carapandangdanberpikir yangmendasar.
Pembelajaran (1) Prosesinteraksipesertadidikdenganguru dansumberbelajar
padasuatulingkungan belajar(UUSisdiknas);
(2) Usahasengaja,terarahdanbertujuanoleh seseorangatau
sekelompokorang(termasukgurudanpenulisbukupelajaran)
agar oranglain(termasukpesertadidik),dapat memperoleh
pengalamanyangbermakna. Usahainimerupakankegiatanyang
berpusatpadakepentinganpesertadidik.
Pembelajaran
berbasis
masalah
Pengorganisasianprosesbelajaryangdikaitkandenganmasalah
konkret yang dapat ditinjau dari berbagaidisiplinkeilmuan atau
matapelajaranMisalnyamasalah"bencanaalam"yangditinjaudari
pelajaranBahasaIndonesia,IPA,IPS,danAgama.
Pembelajaran
berbasisproyek
Pengorganisasianprosesbelajaryangdikaitkandengansuatuobjek
konkretyangdapatditinjaudariberbagaidisiplinkeilmuanatau
matapelajaran.Misalnyaobjek"sepeda"yangditinjaudaripelajaran
Bahasa,IPA,IPS,danPenjasorkes.
Penilaian
otentik
Usahauntukmengukurataumemberikanpenghargaanatas
kemampuanseseorangyangbenar-benarmenggambarkanapayang
dikuasainya.Penilaianinidilakukandenganberbagaicarasepertites
tertulis,kolokium,portofolio,unjukkerja,unjuktindak(berdikusi,
berargumentasi,danlain-lain),observasidanlain-lain.
Portofolio Suatuberkaskaryayangdisusunberdasarkansistematikatertentu,
sebagaibuktipenguasaanatastujuanbelajar.
Prakarsa Dayaataukemampuanseseorangataulembagauntukmemulai
sesuatuyangberdampakpositifterhadapdiridanlingkungannya.
Reflektif Berkaitandenganusahauntukmengolahataumentransformasikan
rangsangandaripenginderaandenganpengalaman,pengetahuan,
dankepercayaanyangtelahdimiliki.Remedi Usahapengulanganpembelajarandengancarayanglainsetelah
dilakukandiagnosamasalahbelajar.
Sistematik Usahayangdilakukansecaraberurutanagar tujuandapatdicapai
denganefektifdanefisien
Sistemik Holistik:caramemandangsegalasesuatusebagaibagianyang tidak
terpisahkandengan bagianlainyanglebihluas.
Standarisi(SI) Ruanglingkupmateri dantingkatkompetensi yangdituangkandalam
kriteriatentangkomptensitamatan,kompetensibahankajian,kom
petensimatapelajaran,dansilabuspembelajaranyangharus
dipenuhiolehpesertadidik padajenjangdanjenispendidikan
tertentu(PP 19 Tahun 2005).
Standar
kompetensi(SK)
Ketentuanpokokuntukdijabarkanlebihlanjut dalamserangkaian
kemampuanuntukmelasanakantugasataupekerjaansecaraefektif.
Standar
kompetensi
lulusan(SKL)
Ketentuanpokokuntukmenunjukkankemampuanmelaksanakan
tugasataupekerjaansetelahmengikutiserangkaianprogrampembel
jaran.
Strategi Pendekatanmenyeluruhyangberupapedoman umumdankerangka
kegiatanuntukmencapai suatu tujuan dan biasanya dijabarkan dari
pandanganfalsafahatauteoritertentu.
Sumberbelajar Segalasesuatuyangmengandungpesan, baik yangsengaja
dikembangkanatauyangdapat dimanfaatkanuntukmemberikan
pengalaman danataupraktikyangmemungkinkanterjadinya
belajar.Sumberbelajardapatberupanara sumber,buku,media
non-buku,teknikdanlingkungan.
Taksonomi
tujuanbelajar
kognitif
(1) Meliputi pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis
danevaluasi(BenjaminBloomdkk,1956).
(2)Terdiriatasduadimensi,yaitudimensipengetahuanyangterdiri
atasfaktual,konseptual,prosedural,danmetakognisi,dan
dimensiproseskognitifyangmeliputimengingat,memahami,
menerapkan,menganalisis,mengevaluasidanmencipta(LorinW.
Andersondkk,2001,sebagairevisidaritaksonomiBloomdkk.).
Tematik Berkaitandengansuatutemayangberupasubjekatautopikyang
dijadikanpokokpembahasan.Contoh:pembelajarantematikdi
kelasISDdengantema"AkudanKeluargaku".Tematersebut
dijadikandasaruntukberbagaimatapelajaran,termasukBahasa
Indonesia,Agama,Matematikadanlain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar