SELAMAT DATANG DI BLOG GANTENG

Kamis, 29 Desember 2011

PERMENDIKNAS NO 22 TAHUN 2006 - STANDAR ISI

1
PERATURAN
MENTERIPENDIDIKANNASIONAL
REPUBLIKINDONESIA
NOMOR22TAHUN2006
TENTANG
STANDARISI
UNTUKSATUANPENDIDIKANDASARDANMENENGAH
DENGANRAHMATTUHANYANGMAHAESA
MENTERIPENDIDIKANNASIONAL,
Menimbang : bahwadalamrangka pelaksanaanketentuanPasal8
ayat(3),Pasal10ayat(3),Pasal11ayat(4),Pasal12
ayat(2),danPasal18ayat(3)PeraturanPemerintah
Nomor19Tahun2005tentangStandarNasional
Pendidikan,perlumenetapkanPeraturanMenteri
PendidikanNasionaltentangStandarIsiUntukSatuan
PendidikanDasardanMenengah;
Mengingat : 1. Undang-UndangNomor20Tahun2003tentang
SistemPendidikanNasional(LembaranNegara
RepublikIndonesiaTahun2003Nomor78,Tambahan
LembaranNegaraRepublikIndonesiaNomor 4301);
2. PeraturanPemerintahNomor19Tahun2005tentang
StandarNasionalPendidikan(LembaranNegara
RepublikIndonesiaTahun2005Nomor41,Tambahan
LembaranNegaraRepublikIndonesiaNomor4496);
3. PeraturanPresidenNomor9Tahun2005tentang
Kedudukan,Tugas,Fungsi,SusunanOrganisasi,dan
TatakerjaKementrianNegaraRepublikIndonesia
sebagaimanatelahdiubahdenganPeraturanPresiden
Nomor62Tahun2005;2
4. KeputusanPresidenNomor187/MTahun2004
mengenaiPembentukanKabinetIndonesiaBersatu
sebagaimanatelahbeberapakalidiubahterakhir
denganKeputusanPresidenNomor20/PTahun
2005;
Memperhatikan:SuratKetuaBadanStandarNasionalPendidikan
Nomor0141/BSNP/III/2006tanggal13Maret2006
danNomor0212/BSNP/V/2006tanggal2Mei;
MEMUTUSKAN:
Menetapkan : PERATURAN MENTERIPENDIDIKANNASIONAL
TENTANGSTANDARISIUNTUKSATUAN
PENDIDIKANDASARDANMENENGAH.
Pasal1
(1) StandarIsiuntuksatuanPendidikanDasardanMenengahyang
selanjutnyadisebutStandarIsimencakuplingkupmateriminimal
dan tingkatkompetensiminimaluntukmencapaikompetensilulusan
minimalpadajenjangdanjenispendidikantertentu.
(2) StandarIsisebagaimanadimaksudpadaayat(1)tercantumpada
LampiranPeraturanMenteriini.
Pasal2
PeraturanMenteriinimulaiberlakupadatanggalditetapkan.
DitetapkandiJakarta
padatanggal 23Mei2006
MENTERIPENDIDIKANNASIONAL,
TTD.
BAMBANGSUDIBYO3
LAMPIRANPERATURANMENTERIPENDIDIKANNASIONAL
NOMOR22 TAHUN2006 TANGGAL 23MEI2006
STANDARISI
BABI
PENDAHULUAN
PendidikannasionalyangberdasarkanPancasiladanUndang-UndangDasar Negara
RepublikIndonesiaTahun1945berfungsimengembangkankemampuandan
membentukwataksertaperadabanbangsayangbermartabatdalamrangka
mencerdaskankehidupanbangsa,bertujuanuntuk mengembangkan potensipeserta
didikagarmenjadimanusiayangberimandanbertakwakepadaTuhanYangMaha
Esa,berakhlakmulia,sehat,berilmu,cakap,kreatif,mandiri,danmenjadiwarga
negarayangdemokratissertabertanggungjawab.Untukmengembanfungsitersebut
pemerintahmenyelenggarakansuatusistempendidikannasionalsebagaimana
tercantumdalamUndang-UndangNomor20Tahun2003tentangSistemPendidikan
Nasional.
Pendidikannasionalharusmampumenjaminpemerataankesempatanpendidikan,
peningkatanmutudanrelevansisertaefisiensimanajemenpendidikan.Pemerataan
kesempatanpendidikandiwujudkandalamprogramwajibbelajar9tahun.
Peningkatanmutupendidikandiarahkanuntukmeningkatkankualitasmanusia
Indonesiaseutuhnyamelaluiolahhati,olahpikir,olahrasadanolahragaagarmemiliki
dayasaingdalammenghadapitantanganglobal.Peningkatanrelevansipendidikan
dimaksudkanuntukmenghasilkanlulusanyangsesuaidengantuntutankebutuhan
berbasispotensisumberdayaalamIndonesia.Peningkatanefisiensimanajemen
pendidikandilakukanmelaluipenerapanmanajemenberbasissekolahdan
pembaharuanpengelolaanpendidikansecaraterencana,terarah,dan
berkesinambungan.
ImplementasiUndang-UndangNomor 20tahun2003tentangSistemPendidikan
NasionaldijabarkankedalamsejumlahperaturanantaralainPeraturanPemerintah
Nomor19Tahun2005tentangStandarNasionalPendidikan. PeraturanPemerintah
inimemberikanarahantentangperlunyadisusundandilaksanakandelapanstandar
nasionalpendidikan,yaitu:standarisi,standarproses,standarkompetensilulusan,
standarpendidikdantenagakependidikan,standarsaranadanprasarana,standar
pengelolaan,standarpembiayaan,danstandarpenilaianpendidikan.
DalamdokumeninidibahasstandarisisebagaimanadimaksudolehPeraturan
PemerintahNomor19Tahun2005,yangsecarakeseluruhanmencakup:
1. kerangkadasardanstrukturkurikulumyangmerupakanpedomandalam
penyusunankurikulumpadatingkatsatuanpendidikan,
2. bebanbelajarbagipesertadidikpadasatuanpendidikandasardanmenengah,
3. kurikulumtingkatsatuanpendidikanyangakandikembangkanoleh satuan
pendidikan berdasarkanpanduanpenyusunankurikulumsebagaibagiantidak
terpisahkandaristandarisi,dan
4. kalenderpendidikanuntukpenyelenggaraanpendidikanpadasatuanpendidikan
jenjangpendidikandasardanmenengah.
StandarIsidikembangkanolehBadanStandarNasionalPendidikan(BSNP)yang
dibentukberdasarkanPeraturanPemerintahNomor19Tahun2005.4
BABII
KERANGKADASARDANSTRUKTURKURIKULUM
A. KerangkaDasarKurikulum
1. KelompokMataPelajaran
PeraturanPemerintahNomor19Tahun2005tentangStandarNasional
Pendidikanpasal6ayat(1)menyatakanbahwakurikulumuntukjenis
pendidikanumum,kejuruan,dankhususpadajenjangpendidikandasardan
menengahterdiriatas:
a. kelompokmatapelajaranagamadanakhlakmulia;
b.kelompokmatapelajarankewarganegaraandankepribadian;
c. kelompokmatapelajaranilmupengetahuandanteknologi;
d. kelompokmatapelajaranestetika;
e. kelompokmatapelajaranjasmani,olahragadankesehatan.
Cakupansetiapkelompokmatapelajarandisajikan padaTabel1.
Tabel1.CakupanKelompokMataPelajaran
No KelompokMata
Pelajaran
Cakupan
1. Agamadan
AkhlakMulia
Kelompokmatapelajaranagamadanakhlakmulia
dimaksudkanuntukmembentukpesertadidik
menjadimanusiayangberimandanbertakwa
kepadaTuhanYangMahaEsasertaberakhlak
mulia.Akhlakmuliamencakupetika,budipekerti,
ataumoralsebagaiperwujudandaripendidikan
agama.
2. Kewarganega-
raandan
Kepribadian
Kelompokmatapelajarankewarganegaraandan
kepribadiandimaksudkanuntukpeningkatan
kesadarandanwawasanpesertadidikakanstatus,
hak,dankewajibannyadalamkehidupan
bermasyarakat,berbangsa,danbernegara,serta
peningkatankualitasdirinyasebagaimanusia.
Kesadarandanwawasantermasukwawasan
kebangsaan,jiwadanpatriotismebelanegara,
penghargaanterhadaphak-hakasasimanusia,
kemajemukanbangsa,pelestarianlingkungan
hidup,kesetaraangender,demokrasi,tanggung
jawabsosial,ketaatanpadahukum,ketaatan
membayarpajak,dansikapsertaperilakuanti
korupsi,kolusi,dannepotisme.5
No KelompokMata
Pelajaran
Cakupan
3. Ilmu
Pengetahuan
danTeknologi
Kelompokmatapelajaranilmupengetahuandan
teknologipadaSD/MI/SDLBdimaksudkanuntuk
mengenal,menyikapi,danmengapresiasiilmu
pengetahuandanteknologi,sertamenanamkan
kebiasaanberpikirdanberperilakuilmiahyang
kritis,kreatifdanmandiri.
Kelompokmatapelajaranilmupengetahuandan
teknologipadaSMP/MTs/SMPLBdimaksudkan
untukmemperolehkompetensidasarilmu
pengetahuandanteknologisertamembudayakan
berpikirilmiahsecarakritis,kreatifdanmandiri.
Kelompokmatapelajaranilmupengetahuandan
teknologipada SMA/MA/SMALB dimaksudkan
untukmemperoleh kompetensilanjutilmu
pengetahuandanteknologisertamembudayakan
berpikirilmiahsecarakritis,kreatifdanmandiri.
Kelompokmatapelajaranilmupengetahuandan
teknologipada SMK/MAK dimaksudkanuntuk
menerapkanilmupengetahuandanteknologi,
membentukkompetensi,kecakapan,dan
kemandiriankerja.
4. Estetika Kelompokmatapelajaranestetikadimaksudkan
untukmeningkatkansensitivitas,kemampuan
mengekspresikandankemampuanmengapresiasi
keindahandanharmoni.Kemampuan
mengapresiasidanmengekspresikankeindahan
sertaharmonimencakupapresiasidanekspresi,
baikdalamkehidupanindividualsehinggamampu
menikmatidanmensyukurihidup,maupundalam
kehidupankemasyarakatansehinggamampu
menciptakankebersamaanyangharmonis.
5. Jasmani,
Olahragadan
Kesehatan
Kelompokmatapelajaranjasmani,olahragadan
kesehatanpadaSD/MI/SDLBdimaksudkanuntuk
meningkatkanpotensifisiksertamenanamkan
sportivitasdankesadaranhidupsehat.
Kelompokmatapelajaranjasmani,olahragadan
kesehatanpadaSMP/MTs/SMPLBdimaksudkan
untukmeningkatkanpotensifisikserta
membudayakansportivitasdankesadaranhidup
sehat.
Kelompokmatapelajaranjasmani,olahragadan
kesehatanpadaSMA/MA/SMALB/SMK/MAK
dimaksudkanuntukmeningkatkanpotensifisik6
No KelompokMata
Pelajaran
Cakupan
sertamembudayakansikapsportif,disiplin,kerja
sama,danhidupsehat.
Budayahidupsehattermasukkesadaran,sikap,
danperilakuhidupsehatyangbersifatindividual
ataupunyangbersifatkolektifkemasyarakatan
sepertiketerbebasandariperilakuseksualbebas,
kecanduannarkoba,HIV/AIDS,demamberdarah,
muntaber,dan penyakitlainyangpotensialuntuk
mewabah.
Selaintujuandancakupankelompokmatapelajaransebagaibagiandari
kerangkadasarkurikulum,perludikemukakanprinsippengembangan
kurikulum.
2. PrinsipPengembanganKurikulum
Kurikulumtingkatsatuanpendidikanjenjangpendidikandasardanmenengah
dikembangkanolehsekolahdankomitesekolahberpedomanpadastandar
kompetensilulusandanstandarisisertapanduanpenyusunankurikulumyang
dibuatolehBSNP.Kurikulumdikembangkanberdasarkanprinsip-prinsip
berikut.
a. Berpusatpadapotensi,perkembangan,kebutuhan,dankepentingan
pesertadidikdanlingkungannya
Kurikulumdikembangkanberdasarkanprinsipbahwapesertadidik
memilikiposisisentraluntukmengembangkankompetensinyaagar
menjadimanusiayangberimandanbertakwakepadaTuhanYangMaha
Esa,berakhlakmulia,sehat,berilmu,cakap,kreatif,mandiridanmenjadi
warganegarayangdemokratissertabertanggungjawab.Untuk
mendukungpencapaiantujuantersebutpengembangankompetensipeserta
didikdisesuaikandenganpotensi,perkembangan,kebutuhan,dan
kepentinganpesertadidiksertatuntutanlingkungan.
b. Beragamdanterpadu
Kurikulumdikembangkandenganmemperhatikankeragamankarakteristik
pesertadidik,kondisidaerah,danjenjangsertajenispendidikan,tanpa
membedakanagama,suku,budayadanadatistiadat,sertastatussosial
ekonomidangender.Kurikulummeliputisubstansikomponenmuatan
wajibkurikulum,muatanlokal,danpengembangandirisecaraterpadu,
sertadisusundalamketerkaitandankesinambunganyangbermaknadan
tepatantarsubstansi.7
c. Tanggapterhadapperkembanganilmupengetahuan,teknologi,dan
seni
Kurikulumdikembangkanatasdasarkesadaranbahwailmupengetahuan,
teknologidanseniberkembangsecaradinamis,danolehkarenaitu
semangatdanisikurikulummendorongpesertadidikuntukmengikutidan
memanfaatkansecaratepatperkembanganilmupengetahuan,teknologi,
danseni.
d. Relevandengankebutuhankehidupan
Pengembangankurikulumdilakukandenganmelibatkanpemangku
kepentingan(stakeholders) untukmenjaminrelevansipendidikandengan
kebutuhankehidupan,termasukdidalamnyakehidupankemasyarakatan,
duniausahadanduniakerja. Olehkarenaitu,pengembanganketerampilan
pribadi,keterampilanberpikir,keterampilansosial,keterampilan
akademik,danketerampilanvokasionalmerupakankeniscayaan.
e. Menyeluruhdanberkesinambungan
Substansikurikulummencakupkeseluruhandimensikompetensi,bidang
kajiankeilmuandanmatapelajaranyangdirencanakandandisajikan
secaraberkesinambunganantarsemuajenjangpendidikan.
f. Belajarsepanjanghayat
Kurikulumdiarahkankepadaprosespengembangan,pembudayaandan
pemberdayaanpesertadidikyangberlangsungsepanjanghayat.Kurikulum
mencerminkanketerkaitanantaraunsur-unsurpendidikanformal,
nonformaldaninformal,denganmemperhatikankondisidantuntutan
lingkunganyangselaluberkembangsertaarahpengembanganmanusia
seutuhnya.
g. Seimbangantarakepentingannasionaldankepentingandaerah
Kurikulumdikembangkandenganmemperhatikankepentingannasional
dankepentingandaerahuntukmembangunkehidupanbermasyarakat,
berbangsadanbernegara.Kepentingannasionaldankepentingandaerah
harussalingmengisidanmemberdayakansejalandenganmotto Bhineka
TunggalIka dalamkerangkaNegaraKesatuanRepublikIndonesia.
3. PrinsipPelaksanaanKurikulum
Dalampelaksanaankurikulumdisetiapsatuanpendidikanmenggunakan
prinsip-prinsipsebagaiberikut.
a. Pelaksanaankurikulumdidasarkanpadapotensi,perkembangandan
kondisipesertadidikuntuk menguasaikompetensiyangbergunabagi
dirinya.Dalamhalinipesertadidikharusmendapatkanpelayanan
pendidikanyangbermutu,sertamemperolehkesempatanuntuk
mengekspresikandirinyasecarabebas,dinamisdanmenyenangkan.
b. Kurikulumdilaksanakandenganmenegakkankelimapilarbelajar,yaitu:
(a)belajaruntukberimandanbertakwakepadaTuhanYangMahaEsa,(b)
belajaruntukmemahamidanmenghayati,(c)belajaruntukmampu
melaksanakandanberbuatsecaraefektif,(d)belajaruntukhidupbersama8
danbergunabagioranglain,dan(e)belajaruntukmembangundan
menemukanjatidiri,melaluiprosespembelajaranyangaktif,kreatif,
efektif,danmenyenangkan.
c. Pelaksanaankurikulummemungkinkanpesertadidikmendapatpelayanan
yangbersifatperbaikan,pengayaan,dan/ataupercepatansesuaidengan
potensi,tahapperkembangan,dankondisipesertadidikdengantetap
memperhatikanketerpaduanpengembanganpribadipesertadidikyang
berdimensike-Tuhanan,keindividuan,kesosialan,danmoral.
d. Kurikulumdilaksanakandalamsuasanahubunganpesertadidikdan
pendidikyangsalingmenerimadanmenghargai,akrab,terbuka,dan
hangat,denganprinsip tutwurihandayani,ingmadiamangunkarsa,ing
ngarsasungtulada (dibelakangmemberikandayadankekuatan,ditengah
membangunsemangatdanprakarsa,didepanmemberikancontohdan
teladan).
e. Kurikulumdilaksanakandenganmenggunakanpendekatanmultistrategi
danmultimedia,sumberbelajardanteknologiyangmemadai,dan
memanfaatkanlingkungansekitarsebagaisumberbelajar,denganprinsip
alamtakambangjadiguru (semuayangterjadi,tergelardanberkembang
dimasyarakatdanlingkungansekitarsertalingkunganalamsemesta
dijadikansumberbelajar,contohdanteladan).
f. Kurikulumdilaksanakandenganmendayagunakankondisialam,sosialdan
budayasertakekayaandaerahuntukkeberhasilanpendidikandengan
muatanseluruhbahankajiansecaraoptimal.
g. Kurikulumyangmencakupseluruhkomponenkompetensimatapelajaran,
muatanlokaldanpengembangandiridiselenggarakandalam
keseimbangan,keterkaitan,dankesinambunganyangcocokdanmemadai
antarkelasdanjenissertajenjangpendidikan.
B. StrukturKurikulumPendidikanUmum
Strukturkurikulummerupakanpoladansusunanmatapelajaranyangharus
ditempuholehpesertadidikdalamkegiatanpembelajaran.Kedalamanmuatan
kurikulumpadasetiapmatapelajaranpadasetiapsatuanpendidikandituangkan
dalamkompetensiyangharusdikuasaipesertadidiksesuaidenganbebanbelajar
yangtercantumdalamstrukturkurikulum.Kompetensiyangdimaksudterdiriatas
standarkompetensidankompetensidasaryangdikembangkanberdasarkan
standarkompetensilulusan.Muatanlokaldankegiatanpengembangandiri
merupakanbagianintegraldaristrukturkurikulumpadajenjangpendidikandasar
danmenengah.
1. StrukturKurikulumSD/MI
StrukturkurikulumSD/MImeliputisubstansipembelajaranyangditempuh
dalamsatujenjangpendidikanselamaenamtahunmulaiKelasIsampai
denganKelasVI.StrukturkurikulumSD/MIdisusunberdasarkanstandar
kompetensilulusandanstandar kompetensimatapelajarandenganketentuan
sebagaiberikut.
a. KurikulumSD/MImemuat8matapelajaran,muatanlokal,dan
pengembangandirisepertiterterapadaTabel2.9
Muatanlokalmerupakankegiatankurikuleruntukmengembangkan
kompetensiyangdisesuaikandengancirikhasdanpotensidaerah,
termasukkeunggulandaerah,yangmaterinyatidakdapatdikelompokkan
kedalammatapelajaranyangada.Substansimuatanlokalditentukanoleh
satuanpendidikan.
Pengembangandiribukanmerupakanmatapelajaranyangharusdiasuh
olehguru.Pengembangandiribertujuanmemberikankesempatankepada
pesertadidikuntukmengembangkandanmengekspresikandirisesuai
dengankebutuhan,bakat,danminatsetiappesertadidiksesuaidengan
kondisisekolah.Kegiatanpengembangandiridifasilitasidanatau
dibimbingolehkonselor,guru,atautenagakependidikanyangdapat
dilakukandalambentukkegiatanekstrakurikuler.Kegiatanpengembangan
diridilakukanmelaluikegiatanpelayanankonselingyangberkenaan
denganmasalahdiripribadidankehidupansosial,belajar,dan
pengembangankarirpesertadidik.
b. S u b s t a n s i   ma t a   p e l a j a r a n   I P A   d a n   I P S   p a d a   S D / MI   me r u p a k a n   “ I P A 
T e r p a d u ”   d a n   “ I P S   T e r p a d u ” .
c. PembelajaranpadaKelasIs.d.IIIdilaksanakanmelaluipendekatan
tematik, sedangkanpadaKelasIVs.d.VIdilaksanakanmelalui
pendekatanmatapelajaran.
d. Jampembelajaranuntuksetiapmatapelajarandialokasikansebagaimana
terteradalamstrukturkurikulum.Satuanpendidikandimungkinkan
menambahmaksimumempatjampembelajaranperminggusecara
keseluruhan.
e. Alokasiwaktusatujampembelajaranadalah35menit.
f. Mingguefektifdalamsatutahunpelajaran(duasemester)adalah34-38
minggu.
StrukturkurikulumSD/MIdisajikanpadaTabel210
Tabel2.StrukturKurikulumSD/MI
KelasdanAlokasiWaktu Komponen
I II III IV,V,dan
VI
A.MataPelajaran
1. PendidikanAgama 3
2. PendidikanKewarganegaraan 2
3. BahasaIndonesia 5
4. Matematika 5
5. IlmuPengetahuanAlam 4
6. Ilmu PengetahuanSosial 3
7. SeniBudayadan Keterampilan 4
8. PendidikanJasmani, Olahraga
danKesehatan
4
B.MuatanLokal 2
C. PengembanganDiri 2*)
Jumlah 26 27 28 32
*) Ekuivalen2jampembelajaran
2. StrukturKurikulumSMP/MTs
Strukturkurikulum SMP/MTs meliputisubstansipembelajaranyangditempuh
dalamsatujenjangpendidikanselamatigatahunmulaiKelasVIIsampai
denganKelasIX.Strukturkurikulumdisusunberdasarkanstandarkompetensi
lulusandanstandarkompetensimatapelajarandenganketentuansebagai
berikut.
a. Kurikulum SMP/MTs memuat10matapelajaran,muatanlokal,dan
pengembangandirisepertiterterapadaTabel3.
Muatanlokalmerupakankegiatankurikuleruntukmengembangkan
kompetensiyangdisesuaikandengancirikhasdanpotensidaerah,
termasukkeunggulandaerah,yangmaterinyatidakdapatdikelompokkan
kedalammatapelajaranyangada.Substansimuatanlokalditentukanoleh
satuanpendidikan.
Pengembangandiribukanmerupakanmatapelajaranyangharusdiasuh
olehguru.Pengembangandiribertujuanmemberikankesempatankepada
pesertadidikuntukmengembangkandanmengekspresikandirisesuai
dengankebutuhan,bakat,danminatsetiappesertadidiksesuaidengan
kondisisekolah.Kegiatanpengembangandiridifasilitasidanatau
dibimbingolehkonselor,guru,atautenagakependidikanyangdapat
dilakukandalambentukkegiatanekstrakurikuler.Kegiatanpengembangan11
diridilakukanmelaluikegiatanpelayanankonselingyangberkenaan
denganmasalahdiripribadidankehidupansosial,belajar,dan
pengembangankarirpesertadidik.
b. S u b s t a n s i   ma t a   p e l a j a r a n   I P A   d a n   I P S   p a d a   S MP / MT s   me r u p a k a n   “ I P A 
T e r p a d u ”   d a n   “ I P S   T e r p a d u ” .
c. Jampembelajaranuntuksetiapmatapelajarandialokasikansebagaimana
terteradalamstrukturkurikulum.Satuanpendidikandimungkinkan
menambahmaksimum empatjampembelajaranperminggusecara
keseluruhan.
d. Alokasiwaktusatujampembelajaranadalah40menit.
e. Mingguefektifdalamsatutahunpelajaran(duasemester)adalah34-38
minggu.
StrukturkurikulumSMP/MTsdisajikanpadaTabel3
Tabel3.Struktur KurikulumSMP/MTs
KelasdanAlokasiWaktu
Komponen
VII VIII IX
A. MataPelajaran
1. PendidikanAgama 2 2 2
2. PendidikanKewarganegaraan 2 2 2
3. BahasaIndonesia 4 4 4
4. BahasaInggris 4 4 4
5. Matematika 4 4 4
6. IlmuPengetahuan Alam 4 4 4
7. IlmuPengetahuan Sosial 4 4 4
8. SeniBudaya 2 2 2
9. PendidikanJasmani,Olahragadan
Kesehatan
2 2 2
10. Keterampilan/TeknologiInformasi
danKomunikasi
2 2 2
B. MuatanLokal 2 2 2
C.PengembanganDiri 2*) 2*) 2*)
Jumlah 32 32 32
2*) Ekuivalen2jampembelajaran12
3. StrukturKurikulumSMA/MA
Strukturkurikulum SMA/MA meliputisubstansipembelajaranyangditempuh
dalamsatujenjangpendidikanselamatigatahunmulaiKelasXsampai
denganKelasXII.Strukturkurikulumdisusunberdasarkanstandar
kompetensilulusandanstandarkompetensimatapelajaran.
Pengorganisasiankelas-kelaspadaSMA/MAdibagikedalamduakelompok,
yaitukelasXmerupakanprogramumumyangdiikutiolehseluruhpeserta
didik,dankelasXIdanXIImerupakanprogrampenjurusanyangterdiriatas
empatprogram:(1)ProgramIlmuPengetahuanAlam,(2)ProgramIlmu
PengetahuanSosial,(3)ProgramBahasa,dan(4)ProgramKeagamaan,khusus
untukMA.
a.KurikulumSMA/MAKelasX
1)KurikulumSMA/MAKelasXterdiriatas16matapelajaran,muatan
lokal,danpengembangandirisepertiterterapadaTabel4.
Muatanlokalmerupakankegiatankurikuleruntukmengembangkan
kompetensiyangdisesuaikandengancirikhasdanpotensidaerah,
termasukkeunggulandaerah,yangmaterinyatidakdapatdikelompokkan
kedalammatapelajaranyangada.Substansimuatanlokalditentukan
olehsatuanpendidikan.
Pengembangandiribukanmerupakanmatapelajaranyangharusdiasuh
olehguru.Pengembangandiribertujuanmemberikankesempatankepada
pesertadidikuntukmengembangkandanmengekspresikandirisesuai
dengankebutuhan,bakat,danminatsetiappesertadidiksesuaidengan
kondisisekolah.Kegiatanpengembangandiridifasilitasidanatau
dibimbingolehkonselor,guru,atautenagakependidikanyangdapat
dilakukandalambentukkegiatanekstrakurikuler.Kegiatan
pengembangandiridilakukanmelaluikegiatanpelayanankonselingyang
berkenaandenganmasalahdiripribadidankehidupansosial,belajar,dan
pengembangankarirpesertadidik.
2)Jampembelajaranuntuksetiapmatapelajarandialokasikansebagaimana
terteradalamstrukturkurikulum.Satuanpendidikandimungkinkan
menambahmaksimumempatjampembelajaranperminggusecara
keseluruhan.
3) Alokasiwaktusatujampembelajaranadalah45menit.
4) Mingguefektifdalamsatutahunpelajaran(duasemester)adalah34-38
minggu.
StrukturkurikulumSMA/MAKelasXdisajikanpadaTabel413
Tabel4.StrukturKurikulumSMA/MAKelasX
AlokasiWaktu Komponen
Semester1 Semester2
A.MataPelajaran
1. PendidikanAgama 2 2
2. PendidikanKewarganegaraan 2 2
3. BahasaIndonesia 4 4
4. BahasaInggris 4 4
5. Matematika 4 4
6.Fisika 2 2
7.Biologi
8.Kimia
2
2
2
2
9.Sejarah
10.Geografi
11.Ekonomi
12.Sosiologi
1
1
2
2
1
1
2
2
13.SeniBudaya 2 2
14. PendidikanJasmani,Olahragadan
Kesehatan
2 2
15. TeknologiInformasidan
Komunikasi
16. Keterampilan/BahasaAsing
2
2
2
2
B.MuatanLokal 2 2
C.PengembanganDiri 2*) 2*)
Jumlah 38 38
2*) Ekuivalen2jampembelajaran14
b. KurikulumSMA/MAKelasXIdanXII
1)KurikulumSMA/MAKelasXIdanXIIProgramIPA,ProgramIPS,
ProgramBahasa,danProgramKeagamaanterdiriatas13mata
pelajaran,muatanlokal,danpengembangandiri.Kurikulumtersebut
secaraberturut-turutdisajikanpadaTabel5,6,7,dan8.
Muatan lokalmerupakankegiatankurikuleruntukmengembangkan
kompetensiyangdisesuaikandengancirikhasdanpotensidaerah,
termasukkeunggulandaerah,yangmaterinyatidakdapat
dikelompokkankedalammatapelajaranyangada.Substansimuatan
lokalditentukanolehsatuanpendidikan.
Pengembangandiribukanmerupakanmatapelajaranyangharus
diasuholehguru.Pengembangandiribertujuanmemberikan
kesempatankepadapesertadidikuntukmengembangkandan
mengekspresikandirisesuaidengankebutuhan,bakat,dan minatsetiap
pesertadidiksesuaidengankondisisekolah.Kegiatanpengembangan
diridifasilitasidanataudibimbingolehkonselor,guru,atautenaga
kependidikanyangdapatdilakukandalambentukkegiatan
ekstrakurikuler.Kegiatanpengembangandiridilakukanmelalui
kegiatanpelayanankonselingyangberkenaandenganmasalahdiri
pribadidankehidupansosial,belajar,danpengembangankarirpeserta
didik.
2)Jampembelajaranuntuksetiapmatapelajarandialokasikan
sebagaimanaterteradalamstrukturkurikulum.Satuanpendidikan
dimungkinkanmenambahmaksimumempatjampembelajaranper
minggusecarakeseluruhan.
3) Alokasiwaktusatujampembelajaranadalah45menit.
4) Mingguefektifdalamsatutahunpelajaran(duasemester)adalah34-38
minggu.15
Tabel5.StrukturKurikulumSMA/MAKelasXIdanXIIprogramIPA
AlokasiWaktu
KelasXI KelasXII Komponen
Smt1 Smt2 Smt1 Smt2
A.MataPelajaran
1. PendidikanAgama 2 2 2 2
2. PendidikanKewarganegaraan 2 2 2 2
3. BahasaIndonesia 4 4 4 4
4. BahasaInggris 4 4 4 4
5. Matematika 4 4 4 4
6. Fisika 4 4 4 4
7. Kimia 4 4 4 4
8. Biologi 4 4 4 4
9. Sejarah 1 1 1 1
10. SeniBudaya 2 2 2 2
11. PendidikanJasmani,Olahraga
danKesehatan
2 2 2 2
12. TeknologiInformasidan
Komunikasi
2 2 2 2
13. Keterampilan/BahasaAsing 2 2 2 2
B.MuatanLokal 2 2 2 2
C.PengembanganDiri 2*) 2*) 2*) 2*)
Jumlah 39 39 39 39
2*) Ekuivalen2jampembelajaran16
Tabel6.StrukturKurikulumSMA/MAKelasXIdanXIIprogramIPS
AlokasiWaktu
KelasXI KelasXII Komponen
Smt1 Smt2 Smt1 Smt2
A.MataPelajaran
1. PendidikanAgama 2 2 2 2
2. PendidikanKewarganegaraan 2 2 2 2
3. BahasaIndonesia 4 4 4 4
4. BahasaInggris 4 4 4 4
5. Matematika 4 4 4 4
6. Sejarah 3 3 3 3
7. Geografi 3 3 3 3
8. Ekonomi 4 4 4 4
9. Sosiologi 3 3 3 3
10. SeniBudaya 2 2 2 2
11. PendidikanJasmani,Olahraga
danKesehatan
2 2 2 2
12. TeknologiInformasidan
Komunikasi
2 2 2 2
13. Keterampilan/BahasaAsing 2 2 2 2
B.MuatanLokal 2 2 2 2
C.PengembanganDiri 2*) 2*) 2*) 2*)
Jumlah 39 39 39 39
2*) Ekuivalen2jampembelajaran17
Tabel7.StrukturKurikulumSMA/MAKelasXIdanXIIprogramBahasa
AlokasiWaktu
KelasXI KelasXII Komponen
Smt1 Smt2 Smt1 Smt2
A.MataPelajaran
1. PendidikanAgama 2 2 2 2
2. Pendidikan
Kewarganegaraan
2 2 2 2
3. Bahasa Indonesia 5 5 5 5
4. BahasaInggris 5 5 5 5
5. Matematika 3 3 3 3
6. SastraIndonesia 4 4 4 4
7. BahasaAsing 4 4 4 4
8. Antropologi 2 2 2 2
9. Sejarah 2 2 2 2
10. SeniBudaya 2 2 2 2
11. PendidikanJasmani,
OlahragadanKesehatan
2 2 2 2
12. TeknologiInformasidan
Komunikasi
2 2 2 2
13. Keterampilan 2 2 2 2
B.MuatanLokal 2 2 2 2
C.PengembanganDiri 2*) 2*) 2*) 2*)
Jumlah 39 39 39 39
2*) Ekuivalen2jampembelajaran18
Tabel8.StrukturKurikulumMAKelasXIdanXIIProgramKeagamaan
2 *)Ekuivalen2jampembelajaran
**)
DitentukanolehDepartemenAgama
AlokasiWaktu
KelasXI KelasXII Komponen
Smt1 Smt2 Smt1 Smt2
A.MataPelajaran
1. PendidikanAgama 2 2 2 2
2. PendidikanKewarganegaraan 2 2 2 2
3. BahasaIndonesia 4 4 4 4
4. BahasaInggris 4 4 4 4
5. Matematika 4 4 4 4
6. TafsirdanIlmuTafsir 3 3 3 3
7. IlmuHadits 3 3 3 3
8. UshulFiqih 3 3 3 3
9. Tasawuf/IlmuKalam 3 3 3 3
10. SeniBudaya 2 2 2 2
11. PendidikanJasmani,Olahraga
danKesehatan
2 2 2 2
12. TeknologiInformasidan
Komunikasi
2 2 2 2
13. Keterampilan 2 2 2 2
B.MuatanLokal 2 2 2 2
C.PengembanganDiri 2*) 2*) 2*) 2*)
Jumlah 38 38 38 3819
C. StrukturKurikulumPendidikanKejuruan
Pendidikankejuruanbertujuanuntukmeningkatkankecerdasan,pengetahuan,
kepribadian,akhlakmulia,sertaketerampilanpesertadidikuntukhidupmandiri
danmengikutipendidikanlebihlanjutsesuaidenganprogramkejuruannya.
Agardapatbekerjasecaraefektifdanefisiensertamengembangkankeahlian
danketerampilan,merekaharusmemilikistaminayangtinggi,menguasai
bidangkeahliannyadandasar-dasarilmupengetahuandanteknologi,memiliki
etoskerjayangtinggi,danmampuberkomunikasisesuaidengantuntutan
pekerjaannya,sertamemilikikemampuanmengembangkandiri.Struktur
kurikulumpendidikankejuruandalamhaliniSekolahMenengahKejuruan
(SMK)danMadrasahAliyahKejuruan(MAK)diarahkanuntukmencapai
tujuantersebut. KurikulumSMK/MAKberisimatapelajaranwajib,mata
pelajaranKejuruan,MuatanLokal,danPengembanganDirisepertiterterapada
Tabel9.
MatapelajaranwajibterdiriatasPendidikanAgama,Pendidikan
Kewarganegaraan,Bahasa,Matematika,IPA,IPS,SenidanBudaya,Pendidikan
JasmanidanOlahraga,danKeterampilan/Kejuruan.Matapelajaraninibertujuan
untukmembentukmanusiaIndonesiaseutuhnyadalamspektrummanusiakerja.
MatapelajaranKejuruanterdiriatasbeberapamatapelajaranyangbertujuan
untukmenunjangpembentukankompetensikejuruandanpengembangan
kemampuanmenyesuaikandiridalambidangkeahliannya.
Muatanlokalmerupakankegiatankurikuleruntukmengembangkankompetensi
yangdisesuaikandengancirikhas,potensidaerah,danprospekpengembangan
daerahtermasukkeunggulandaerah,yangmaterinyatidakdapatdikelompokkan
kedalammatapelajaranyangada.Substansimuatanlokalditentukanoleh
satuanpendidikansesuaidenganprogramkeahlianyangdiselenggarakan.
Pengembangandiribukanmerupakanmatapelajaranyangharusdiasuholeh
guru.Pengembangandiribertujuanmemberikankesempatankepadapeserta
didikuntukmengembangkandanmengekspresikandirisesuaidengan
kebutuhan,bakat,danminatsetiappesertadidiksesuaidengankondisisekolah.
Kegiatanpengembangandiridifasilitasidanataudibimbingolehkonselor,guru,
atautenagakependidikanyangdapatdilakukandalambentukkegiatan
ekstrakurikuler.
Kegiatanpengembangandiridilakukanmelaluikegiatanpelayanankonseling
yangberkenaandenganmasalahdiripribadidankehidupansosial,belajar,dan
pembentukankarierpesertadidik.Pengembangandiribagipesertadidik
SMK/MAKterutamaditujukanuntukpengembangankreativitasdanbimbingan
karier.
StrukturkurikulumSMK/MAKmeliputisubstansipembelajaranyangditempuh
dalamsatujenjangpendidikanselamatigatahunataudapatdiperpanjanghingga
empattahunmulaikelasXsampaidengankelasXIIataukelasXIII.Struktur
kurikulumSMK/MAK disusunberdasarkanstandarkompetensilulusandan
standarkompetensimatapelajaran.
Strukturkurikulum SMK/MAK disajikanpada Tabel9.20
Tabel9.StrukturKurikulumSMK/MAK
Komponen
DurasiWaktu
(Jam)
A. MataPelajaran
1. PendidikanAgama 192
2. PendidikanKewarganegaraan 192
3. BahasaIndonesia 192
4. BahasaInggris 440 a)
5. Matematika
5.1MatematikaKelompokSeni,Pariwisata,
danTeknologiKerumahtanggaan
5.2MatematikaKelompokSosial,Administrasi
PerkantorandanAkuntansi
5.3MatematikaKelompokTeknologi,
Kesehatan,danPertanian
330 a)
403 a)
516 a)
6. IlmuPengetahuanAlam
6.1IPA
6.2Fisika
6.2.1FisikaKelompokPertanian
6.2.2FisikaKelompokTeknologi
6.3Kimia
6.3.1KimiaKelompokPertanian
6.3.2KimiaKelompokTeknologidan
Kesehatan
6.4Biologi
6.4.1BiologiKelompokPertanian
6.4.2BiologiKelompokKesehatan
192 a)
192 a)
276 a)
192 a)
192 a)
192 a)
192 a)
7. IlmuPengetahuanSosial 128 a)
8. SeniBudaya 128 a)
9. PendidikanJasmaniOlahragadanKesehatan 19221
Komponen
DurasiWaktu
(Jam)
10. Kejuruan
10.1 KeterampilanKomputerdanPengelolaan
Informasi
202
10.2 Kewirausahaan 192
10.3 DasarKompetensiKejuruan b) 140
10.4 KompetensiKejuruan b) 1044 c)
B. MuatanLokal 192
C. PengembanganDiri
d)
(192)
Keterangannotasi
a)
Durasiwaktuadalahjumlahjamminimalyangdigunakanolehsetiapprogram
keahlian.Programkeahlianyangmemerlukanwaktulebihjamtambahannya
diintegrasikankedalammatapelajaranyangsama,diluarjumlahjamyang
dicantumkan.
b)
Terdiridariberbagaimatapelajaranyangditentukansesuaidengankebutuhan
setiapprogramkeahlian.
c)
JumlahjamKompetensiKejuruanpadadasarnyasesuaidengankebutuhan
standardkompetensikerjayangberlakudiduniakerjatetapitidakboleh
kurangdari1044jam.
d)
Ekuivalen2jampembelajaran.
Implikasidaristrukturkurikulumdiatasdijelaskansebagaiberikut.
1. DidalampenyusunankurikulumSMK/MAKmatapelajarandibagikedalam
tigakelompok,yaitukelompoknormatif,adaptif,danproduktif.Kelompok
normatifadalahmatapelajaranyangdialokasikansecaratetapyangmeliputi
PendidikanAgama,PendidikanKewarganegaraan,BahasaIndonesia,
PendidikanJasmaniOlahragadanKesehatan,danSeniBudaya.Kelompok
adaptifterdiriatasmatapelajaranBahasaInggris,Matematika,IPA,IPS,
KeterampilanKomputerdanPengelolaanInformasi,danKewirausahaan.
Kelompokproduktifterdiriatassejumlahmatapelajaranyangdikelompokkan
dalam DasarKompetensiKejuruandanKompetensiKejuruan.Kelompok
adaptifdanproduktifadalahmatapelajaranyangalokasiwaktunya
disesuaikandengankebutuhanprogramkeahlian,dandapatdiselenggarakan
dalamblokwaktuataualternatiflain.
2. MateripembelajaranDasarKompetensiKejuruandanKompetensiKejuruan
disesuaikandengankebutuhanprogramkeahlianuntukmemenuhistandar
kompetensikerjadiduniakerja.22
3. Evaluasipembelajarandilakukansetiapakhirpenyelesaiansatustandar
kompetensiataubeberapapenyelesaiankompetensidasardarisetiapmata
pelajaran.
4. PendidikanSMK/MAKdiselenggarakandalambentukpendidikansistem
ganda.
5. Alokasiwaktusatujampelajarantatapmukaadalah45menit.
6. BebanbelajarSMK/MAKmeliputikegiatanpembelajarantatapmuka,praktik
disekolahdankegiatankerjapraktikdiduniausaha/industriekuivalendengan
36jampelajaranperminggu.
7. MingguefektifpenyelenggaraanpendidikanSMK/MAKadalah38minggu
dalamsatutahunpelajaran.
8. LamapenyelenggaraanpendidikanSMK/MAKtigatahun,maksimumempat
tahunsesuaidengantuntutanprogramkeahlian.
D. StrukturKurikulumPendidikanKhusus
StrukturKurikulumdikembangkanuntukpesertadidikberkelainanfisik,
emosional,mental,intelektualdan/atausosialberdasarkanstandarkompetensi
lulusan,standarkompetensikelompokmatapelajaran,danstandarkompetensi
matapelajaran.Pesertadidikberkelainandapatdikelompokkanmenjadidua
kategori,(1)pesertadidikberkelainantanpadisertaidengankemampuan
intelektualdibawahrata-rata,dan(2) pesertadidikberkelainandisertaidengan
kemampuanintelektualdibawahrata-rata.
KurikulumPendidikanKhususterdiriatasdelapansampaidengan10mata
pelajaran,muatanlokal,programkhusus,danpengembangandiri.
Muatanlokalmerupakankegiatankurikuleruntukmengembangkankompetensi
yangdisesuaikandengancirikhasdanpotensidaerah,termasukkeunggulan
daerah,yangmaterinyatidakdapatdikelompokkankedalammatapelajaranyang
ada.Substansimuatanlokalditentukanolehsatuanpendidikan.
Programkhususberisikegiatanyangbervariasisesuaideganjenisketunaannya,
yaituprogramorientasidanmobilitasuntukpesertadidiktunanetra,bina
komunikasipersepsibunyidaniramauntukpesertadidiktunarungu,binadiri
untukpesertadidiktunagrahita,binagerakuntukpesertadidiktunadaksa,dan
binapribadidansosialuntukpesertadidiktunalaras.
Pengembangandiribukanmerupakanmatapelajaranyangharusdiasuholehguru.
Pengembangandiribertujuanmemberikankesempatankepadapesertadidikuntuk
mengembangkandanmengekspresikandirisesuaidengankebutuhan,
kemampuan,bakat,danminatsetiappesertadidiksesuaidengankondisisekolah.
Kegiatanpengembangandiridifasilitasidanataudibimbingolehkonselor,guru,
atautenagakependidikanyangdapatdilakukandalambentukkegiatan
ekstrakurikuler.
Pesertadidikberkelainantanpadisertaidengankemampuanintelektualdibawah
rata-rata,dalambatas-batastertentumasihdimungkinkandapatmengikuti
kurikulumstandarmeskipunharusdenganpenyesuaian-penyesuaian.Peserta
didikberkelainanyangdisertaidengankemampuanintelektualdibawahrata-rata,
diperlukankurikulumyangsangatspesifik,sederhanadanbersifattematikuntuk
mendorongkemandiriandalamhidupsehari-hari.23
Pesertadidikberkelainantanpadisertaikemampuanintelektualdibawahrata-rata,
yangberkeinginanuntukmelanjutkansampaikejenjangpendidikantinggi,
semaksimalmungkindidoronguntukdapatmengikutipendidikansecara inklusif
padasatuanpendidikanumumsejakSekolahDasar.Jikapesertadidikmengikuti
pendidikanpadasatuanpendidikanSDLB,setelahlulus,didoronguntukdapat
melanjutkankeSekolahMenengahPertamaumum.Bagimerekayangtidak
memungkinkandan/atautidakberkeinginanuntukmelanjutkankejenjang
pendidikantinggi,setelahmenyelesaikanpadajenjangSDLBdapatmelanjutkan
pendidikankejenjangSMPLB,danSMALB.
Untukmemberikankesempatankepadapesertadidikyangmemerlukanpindah
jalurpendidikanantarsatuanpendidikanyangsetarasesuaidenganketentuan
pasal.12ayat(1).eUndang-UndangNomor20Tahun2003tentangSistem
PendidikanNasional,makamekanismependidikanbagipesertadidikmelalui
jalurformaldapatdilukiskansebagaiberikut:
SDLBSMPLBSMALB Masyarakat.
Jalur1
ALB/ABK
Jalur2
SD/MISMP/MTs. SMA/MAPT/Masyarakat
SMK/MAK
Berdasarkanpertimbangan-pertimbangantertentu,strukturkurikulum satuan
PendidikanKhususdikembangkandenganmemperhatikanhal-halsebagaiberikut.
1. Kurikulumuntukpesertadidikberkelainantanpadisertaidengankemampuan
intelektualdibawahrata-rata,menggunakansebutanKurikulumSDLBA,B,
D,E;SMPLBA,B,D,E; danSMALBA,B,D,E(A=tunanetra,B=
tunarungu,D=tunadaksaringan,E=tunalaras).
2. Kurikulumuntukpesertadidikberkelainanyangdisertaidengankemampuan
intelektualdibawahrata-rata,menggunakansebutanKurikulumSDLBC,C1,
D1,G;SMPLBC,C1,D1,G,danSMALBC,C1,D1,G.(C=tunagrahita
ringan,C1=tunagrahitasedang,D1=tunadaksasedang,G=tunaganda).
3. KurikulumsatuanpendidikanSDLBA,B,D,Erelatifsamadengankurikulum
SDumum.PadasatuanpendidikanSMPLBA,B,D,EdanSMALBA,B,D,E
dirancanguntukpesertadidikyangtidakmemungkinkandan/atautidak
berkeinginanuntukmelanjutkanpendidikansampaikejenjangpendidikan
tinggi.24
4. ProporsimuatanisikurikulumsatuanpendidikanSMPLBA,B,D,Eterdiriatas
60% - 70%aspekakademikdan40% - 30%berisiaspekketerampilan
vokasional.MuatanisikurikulumsatuanpendidikanSMALBA,B,D,Eterdiri
atas40% –50%aspekakademikdan60% - 50%aspekketerampilan
vokasional.
5. KurikulumsatuanpendidikanSDLB,SMPLB,SMALBC,C1,D1,G,
dirancangsangatsederhanasesuaidenganbatas-bataskemampuanpeserta
didikdansifatnyalebihindividual.
6. PembelajaranuntuksatuanPendidikanKhususSDLB,SMPLBdanSMALB
C,C1,D1,Gmenggunakanpendekatantematik.
7. StandarKompetensi(SK)danKompetensiDasar(KD)mata pelajaranumum
SDLB,SMPLB,SMALBA,B,D,EmengacukepadaSKdanKDsekolah
umumyangdisesuaikandengankemampuandankebutuhankhususpeserta
didik,dikembangkanolehBSNP,sedangkanSKdanKDuntukmatapelajaran
ProgramKhusus,danKeterampilandikembangkanolehsatuanPendidikan
Khususdenganmemperhatikanjenjangdanjenissatuanpendidikan.
8. PengembanganSKdanKDuntuksemuamatapelajaranpadaSDLB,SMPLB
danSMALBC,C1,D1,GdiserahkankepadasatuanPendidikanKhususyang
bersangkutandenganmemperhatikantingkatdanjenissatuanpendidikan.
9. StrukturkurikulumpadasatuanPendidikanKhususSDLBdanSMPLB
mengacupadaStrukturKurikulumSDdanSMPdenganpenambahanProgram
Khusussesuaijeniskelainan,denganalokasiwaktu2jam/minggu.Untuk
jenjang SMALB,programkhususbersifatkasuistiksesuaidengankondisidan
kebutuhanpesertadidiktertentu,dantidakdihitungsebagaibebanbelajar.
10. ProgramKhusussesuaijeniskelainanpesertadidikmeliputisebagaiberikut.
a. OrientasidanMobilitasuntukpesertadidikTunanetra
b. BinaKomunikasi,PersepsiBunyidanIramauntukpesertadidik
Tunarungu
c. BinaDiriuntukpesertadidikTunagrahitaRingandanSedang
d. BinaGerakuntukpesertadidikTunadaksaRingan
e. BinaPribadidanSosialuntukpesertadidikTunalaras
f. BinaDiridanBinaGerakuntukpesertadidikTunadaksaSedang,dan
Tunaganda.
11. Jumlahdanalokasiwaktujampembelajarandiatursebagaiberikut.
a. JumlahjampembelajaranSDLBA,B,D,EkelasI,II,IIIberkisarantara28
–30jampembelajaran/minggudan34jampembelajaran/mingguuntuk
kelasIV,V,VI.Kelebihan2jampembelajarandariSDumumkarenaada
tambahanmatapelajaranprogramkhusus
b. JumlahjampembelajaranSMPLBA,B,D,EkelasVII,VIII,IXadalah34
jam/minggu.Kelebihan2jampembelajarandariSMPumum karenaada
penambahanmatapelajaranprogramkhusus
c. JumlahjampembelajaranSMALBA,B,D,EkelasX,XI,XIIadalah36
jam/minggu,samadenganjumlahjampembelajaranSMAumum.Program25
khususpadajenjangSMALBbersifatfakultatifdantidaktermasukbeban
pembelajaran
d. JumlahjampembelajaranSDLB,SMPLB,SMALBC,C1,D1,Gsama
denganjumlahjampembelajaranpadaSDLB,SMPLB,SMALBA,B,D,E,
tetapipenyajiannyamelaluipendekatantematik
e. AlokasiperjampembelajaranuntukSDLB,SMPLBdanSMALBA,B,
D,EmaupunC,C1,D1,Gmasing-ma s i n g   3 0 ’ ,   3 5 ’   d a n   4 0 ’ .   S e l i s i h   5   me n i t 
darsekolahregulerdisesuaikandengankondisipesertadidikberkelainan.
f. SatuanpendidikankhususSDLBdanSMPLBdapatmenambah
maksimum6jampembelajaran/mingguuntukkeseluruhanjam
pembelajaran,dan4jampembelajaranuntuktingkatSMALBsesuai
kebutuhanpesertadidikdansatuanpendidikanyangbersangkutan.
12.Muatanisipadasetiapmatapelajarandiatursebagaiberikut.
a. MuatanisisetiapmatapelajaranpadaSDLBA,B,D,Epadadasarnyasama
denganSDumum,tetapikarenakelainandankebutuhankhususnya,maka
diperlukanmodifikasidan/ataupenyesuaiansecaraterbatas
b. MuatanisimatapelajaranProgramKhususdisusuntersendiriolehsatuan
pendidikan
c. MuatanisimatapelajaranSMPLBA,B,D,Ebidangakademikmengalami
modifikasidanpenyesuaiandariSMPumumsehinggamenjadisekitar
60% –70%.Sisanyasekitar40% - 30%muatanisikurikulumditekankan
padabidangketerampilanvokasional
d. Muatanisimatapelajaranketerampilanvokasionalmeliputitingkatdasar,
tingkatterampildantingkatmahir.Jenisketerampilanyangakan
dikembangkan,diserahkankepadasatuanpendidikansesuaidenganminat,
potensi,kemampuandankebutuhanpesertadidiksertakondisisatuan
pendidikan.
e.Muatanisimatapelajaran untukSMALBA,B,D,Ebidangakademik
mengalamimodifikasidanpenyesuaiandariSMAumumsehingga
menjadisekitar40% –50%bidangakademik,dansekitar60% –50%
bidangketerampilanvokasional
f.MuatankurikulumSDLB,SMPLB,SMALBC,C1,D1,Glebihditekankan
padakemampuanmenolongdirisendiridanketerampilansederhanayang
memungkinkanuntukmenunjangkemandirianpesertadidik.Olehkarena
itu,proporsimuatanketerampilanvokasionallebihdiutamakan
g. Pengembangandiribukanmerupakanmatapelajaranyang harusdiasuh
olehguru.Pengembangandiribertujuanmemberikankesempatankepada
pesertadidikuntukmengembangkandanmengekspresikandirisesuai
dengankebutuhan,bakat,danminatsetiappesertadidiksesuaidengan
kondisisekolah.Kegiatanpengembangan diridifasilitasidanatau
dibimbingolehkonselor,guru,atautenagakependidikanyangdapat
dilakukandalambentukkegiatanekstrakurikuler.Kegiatanpengembangan
diridilakukanmelaluikegiatanpelayanankonselingyangberkenaan
denganmasalahdiripribadidankehidupansosial,belajar,dan26
pengembangankarirpesertadidik.Pengembangandiriterutamaditujukan
untukpeningkatankecakapanhidupdankemandiriansesuaidengan
kebutuhankhususpesertadidik.
13.StrukturKurikulumSDLB,SMPLB,SMALBA,B,D,E danC,C1,D1,G
disajikanpadatabel10,11,12,13,14,15,16,17,18,19,20,21,22,23dan
24.
Tabel10.StrukturKurikulumSDLBTunanetra
KelasdanAlokasiWaktu Komponen
I II III IV,V,danVI
A.MataPelajaran
1. PendidikanAgama 3
2. PendidikanKewarganegaraan 2
3. BahasaIndonesia 5
4. Matematika 5
5. IlmuPengetahuanAlam 4
6. Ilmu PengetahuanSosial 3
7. SeniBudayadanKeterampilan 4
8. PendidikanJasmani, Olahragadan
Kesehatan
4
B.MuatanLokal 2
C.ProgramKhususOrientasidanMobilitas 2
D.PengembanganDiri 2*)
Jumlah: 28 29 30 34
2*)Ekuivalen2jampembelajaran27
Tabel11.StrukturKurikulumSDLBTunarungu
KelasdanAlokasiWaktu Komponen
I II III IV,V,dan
VI
A.MataPelajaran
1. PendidikanAgama 3
2. PendidikanKewarganegaraan 2
3. BahasaIndonesia 5
4. Matematika 5
5. IlmuPengetahuanAlam 4
6. Ilmu PengetahuanSosial 3
7. SeniBudayadanKeterampilan 4
8. PendidikanJasmani,Olahragadan
Kesehatan
4
B.MuatanLokal 2
C.ProgramKhususBinaKomunikasi,
PersepsiBunyi&Irama
2
D.PengembanganDiri 2*)
Jumlah: 28 29 30 34
2*)Ekuivalen2jampembelajaran28
Tabel12.StrukturKurikulumSDLBTunadaksa
KelasdanAlokasiWaktu
Komponen I II III IV,V,dan
VI
A.MataPelajaran
1. PendidikanAgama 3
2. PendidikanKewarganegaraan 2
3. BahasaIndonesia 5
4. Matematika 5
5. IlmuPengetahuanAlam 4
6. Ilmu PengetahuanSosial 3
7. SeniBudayadanKeterampilan 4
8. PendidikanJasmani,Olahragadan
Kesehatan
4
B.MuatanLokal 2
C.ProgramKhususBinaGerak 2
D.PengembanganDiri 2*)
Jumlah: 28 29 30 34
2*)Ekuivalen 2jampembelajaran29
Tabel13.StrukturKurikulumSDLBTunalaras
KelasdanAlokasiWaktu Komponen
I II III IV,V,danVI
A.MataPelajaran
1. PendidikanAgama 3
2. PendidikanKewarganegaraan 2
3. BahasaIndonesia 5
4. Matematika 5
5. IlmuPengetahuanAlam 4
6. Ilmu PengetahuanSosial 3
7. SeniBudayadanKeterampilan 4
8. PendidikanJasmani,Olahragadan
Kesehatan
4
B.MuatanLokal 2
C.ProgramKhususBinaPribadidanSosial 2
D. PengembanganDiri 2*)
Jumlah: 28 29 30 34
2*)Ekuivalen2jampembelajaran30
Tabel14.StrukturKurikulumSMPLBTunanetra
KelasdanAlokasiWaktu
Komponen
VII VIII IX
A. MataPelajaran
1. PendidikanAgama 2 2 2
2. PendidikanKewarganegaraan 2 2 2
3. BahasaIndonesia 2 2 2
4. BahasaInggris 2 2 2
5. Matematika 3 3 3
6. IlmuPengetahuanSosial 2 2 2
7. IlmuPengetahuanAlam 3 3 3
8. SeniBudaya 2 2 2
9. PendidikanJasmani,Olahragadan
Kesehatan.
2 2 2
10. KeterampilanVokasional/Teknologi
InformasidanKomunikasi*)
10 10 10
B. MuatanLokal 2 2 2
C.ProgramKhususOrientasi&Mobilitas 2 2 2
D.PengembanganDiri 2**) 2**) 2**)
Jumlah 34 34 34
*)
Keterampilanvokasional/teknologiinformasidankomunikasimerupakan
paketpilihan.Jenisketerampilanvokasional/teknologiinformasiyang
dikembangkan,diserahkankepadasekolahsesuaipotensidaerah.
2**)
Ekuivalen2jampembelajaran31
Tabel15.StrukturKurikulumSMPLBTunarungu
Kelasdan AlokasiWaktu
Komponen
VII VIII IX
A. MataPelajaran
1. PendidikanAgama 2 2 2
2. PendidikanKewarganegaraan 2 2 2
3. BahasaIndonesia 2 2 2
4. BahasaInggris 2 2 2
5. Matematika 3 3 3
6. IlmuPengetahuanSosial 2 2 2
7. IlmuPengetahuanAlam 3 3 3
8. SeniBudaya 2 2 2
9. PendidikanJasmani,Olahragadan
Kesehatan.
2 2 2
10. KeterampilanVokasional/Teknologi
InformasidanKomunikasi*)
10 10 10
B. MuatanLokal 2 2 2
C.ProgramKhususBinaKomunikasi,
PersepsiBunyi&Irama
2 2 2
D. PengembanganDiri 2**) 2**) 2**)
Jumlah 34 34 34
*)
Keterampilanvokasional/teknologiinformasidankomunikasimerupakan
paketpilihan.Jenisketerampilanvokasional/teknologiinformasiyang
dikembangkan,diserahkankepadasekolahsesuaipotensidaerah.
2**)
Ekuivalen2jampembelajaran32
Tabel16.StrukturKurikulumSMPLBTunadaksa
KelasdanAlokasiWaktu
Komponen
VII VIII IX
A. MataPelajaran
1. PendidikanAgama 2 2 2
2. PendidikanKewarganegaraan 2 2 2
3. BahasaIndonesia 2 2 2
4. BahasaInggris 2 2 2
5. Matematika 3 3 3
6. IlmuPengetahuanSosial 2 2 2
7. IlmuPengetahuanAlam 3 3 3
8. SeniBudaya 2 2 2
9. PendidikanJasmani,Olahragadan
Kesehatan
2 2 2
10. KeterampilanVokasional/Teknologi
InformasidanKomunikasi*)
10 10 10
B. MuatanLokal 2 2 2
C.ProgramKhususBinaGerak 2 2 2
D.PengembanganDiri 2**) 2**) 2**)
Jumlah 34 34 34
*)
Keterampilanvokasional/teknologiinformasidankomunikasimerupakan
paketpilihan.Jenisketerampilanvokasional/teknologiinformasiyang
dikembangkan,diserahkankepadasekolahsesuaipotensidaerah.
2**)
Ekuivalen2jampembelajaran33
Tabel17.StrukturKurikulumSMPLBTunalaras
KelasdanAlokasiWaktu
Komponen
VII VIII IX
A. MataPelajaran
1. PendidikanAgama 2 2 2
2. PendidikanKewarganegaraan 2 2 2
3. BahasaIndonesia 2 2 2
4. BahasaInggris 2 2 2
5. Matematika 3 3 3
6. IlmuPengetahuanSosial 2 2 2
7. IlmuPengetahuanAlam 3 3 3
8. SeniBudaya 2 2 2
9. PendidikanJasmani,Olahragadan
Kesehatan
2 2 2
10. KeterampilanVokasional/Teknologi
InformasidanKomunikasi*)
10 10 10
B. MuatanLokal 2 2 2
C.ProgramKhususBinaPribadidanSosial 2 2 2
D.PengembanganDiri 2**) 2**) 2**)
Jumlah 34 34 34
*)
Keterampilanvokasional/teknologiinformasidankomunikasimerupakan
paketpilihan.Jenisketerampilanvokasional/teknologiinformasiyang
dikembangkan,diserahkankepadasekolahsesuaipotensidaerah.
2**)
Ekuivalen2jampembelajaran34
Tabel18.StrukturKurikulumSMALBTunanetra
KelasdanAlokasiWaktu
Komponen
X XI XII
A. MataPelajaran
1. PendidikanAgama 2 2 2
2. PendidikanKewarganegaraan 2 2 2
3. BahasaIndonesia 2 2 2
4. BahasaInggris 2 2 2
5. Matematika 2 2 2
6. IlmuPengetahuanSosial 2 2 2
7. IlmuPengetahuanAlam 2 2 2
8. SeniBudaya 2 2 2
9. PendidikanJasmani,Olahragadan
Kesehatan
2 2 2
10. KeterampilanVokasional/Teknologi
InformasidanKomunikasi*)
16 16 16
B. MuatanLokal 2 2 2
C. ProgramKhususOrientasidanMobilitas - - -
D.PengembanganDiri 2**) 2**) 2**)
Jumlah 36 36 36
*)
Keterampilanvokasional/teknologiinformasidankomunikasimerupakan
paketpilihan.Jenisketerampilanvokasional/teknologiinformasiyang
dikembangkan,diserahkankepadasekolahsesuaipotensidaerah.
2**)
Ekuivalen2jampembelajaran35
Tabel19.StrukturKurikulumSMALBTunarungu
KelasdanAlokasiWaktu
Komponen
X XI XII
A. MataPelajaran
1. PendidikanAgama 2 2 2
2. PendidikanKewarganegaraan 2 2 2
3. BahasaIndonesia 2 2 2
4. BahasaInggris 2 2 2
5. Matematika 2 2 2
6. IlmuPengetahuanSosial 2 2 2
7. IlmuPengetahuanAlam 2 2 2
8. SeniBudaya 2 2 2
9. PendidikanJasmani,Olahragadan
Kesehatan
2 2 2
10. KeterampilanVokasional/Teknologi
InformasidanKomunikasi*)
16 16 16
B.MuatanLokal 2 2 2
C. ProgramKhususBinaKomunikasi,
PersepsiBunyidanIrama
- - -
D.PengembanganDiri 2**) 2**) 2**)
Jumlah 36 36 36
*)
Keterampilanvokasional/teknologiinformasidankomunikasimerupakanpaket
pilihan.Jenisketerampilanvokasional/teknologiinformasiyang
dikembangkan,diserahkankepadasekolahsesuaipotensidaerah.
2**)
Ekuivalen2jampembelajaran36
Tabel20.StrukturKurikulumSMALBTunadaksa
KelasdanAlokasiWaktu
Komponen
X XI XII
A. MataPelajaran
1. PendidikanAgama 2 2 2
2. PendidikanKewarganegaraan 2 2 2
3. BahasaIndonesia 2 2 2
4. BahasaInggris 2 2 2
5. Matematika 2 2 2
6. IlmuPengetahuanSosial 2 2 2
7. IlmuPengetahuanAlam 2 2 2
8. SeniBudaya 2 2 2
9. PendidikanJasmani,Olahragadan
Kesehatan
2 2 2
10. KeterampilanVokasional/Teknologi
InformasidanKomunikasi*)
16 16 16
B.MuatanLokal 2 2 2
C. ProgramKhususBinaGerak - - -
D.PengembanganDiri 2**) 2**) 2**)
Jumlah 36 36 36
*)
Keterampilanvokasional/teknologiinformasidankomunikasimerupakan
paketpilihan.Jenisketerampilanvokasional/teknologiinformasiyang
dikembangkan,diserahkankepadasekolahsesuaipotensidaerah.
2**)
Ekuivalen2jampembelajaran37
Tabel21.Struktur KurikulumSMALBTunalaras
KelasdanAlokasiWaktu
Komponen
X XI XII
A. MataPelajaran
1. PendidikanAgama 2 2 2
2. PendidikanKewarganegaraan 2 2 2
3. BahasaIndonesia 2 2 2
4. BahasaInggris 2 2 2
5. Matematika 2 2 2
6. IlmuPengetahuan Sosial 2 2 2
7. IlmuPengetahuanAlam 2 2 2
8. SeniBudaya 2 2 2
9. PendidikanJasmani,Olahragadan
Kesehatan
2 2 2
10. KeterampilanVokasiopnal/Teknologi
InformasidanKomunikasi*)
16 16 16
B. MuatanLokal 2 2 2
C. ProgramKhususBinaPribadi danSosial - - -
D.PengembanganDiri 2**) 2**) 2**)
Jumlah 36 36 36
*)
Keterampilanvokasional/teknologiinformasidankomunikasimerupakan
paketpilihan.Jenisketerampilanvokasional/teknologiinformasiyang
dikembangkan,diserahkankepadasekolahsesuaipotensidaerah.
2**)
Ekuivalen2jampembelajaran38
14.StrukturKurikulumSDLB,SMPLB,danSMALBC,C1,D1,G
StrukturkurikulumsatuanpendidikankhusustingkatSDLB,SMPLBdan
SMALBC,C1,D1danGmerupakansaturumpunyangrelatifsamaantarasatu
jeniskelainandenganjeniskelainanyanglain.Karenaitudibawahinidisajikan
tabelstrukturkurikulumuntukSDLBC,C1,D1,G,SMPLBC,C1,D1,Gdan
SMALBC,C1,D1,Gsebagaiberikut.
Tabel22.StrukturKurikulumSDLBTunagrahitaRingan,TunagrahitaSedang,
TunadaksaSedang,danTunaganda
KelasdanAlokasiWaktu Komponen
I,II,danIII IV,V,danVI
A.MataPelajaran
1. PendidikanAgama
2. PendidikanKewarganegaraan
3. BahasaIndonesia
4. Matematika
5. IlmuPengetahuanAlam
6. Ilmu PengetahuanSosial
7. SeniBudayadanKeterampilan
8. PendidikanJasmani,Olahraga
danKesehatan
30
(Pendekatan
tematik)
B.MuatanLokal 2
C.ProgramKhusus*) 2
D.PengembanganDiri
29– 32
(Pendekatan
tematik)
2*)
Jumlah: 29– 32 34
*)Disesuaikandengankelainandankebutuhanpesertadidik
2*)
Ekuivalen2jampembelajaran39
Tabel23.StrukturKurikulumSMPLBTunagrahitaRingan,TunagrahitaSedang,
TunadaksaSedang,danTunaganda
KelasdanAlokasiWaktu
Komponen
VII VIII IX
A. MataPelajaran
1. PendidikanAgama
2. PendidikanKewarganegaraan
3. BahasaIndonesia
4. BahasaInggris
5. Matematika
6. IlmuPengetahuanSosial
7. IlmuPengetahuanAlam
8. SeniBudaya
9. PendidikanJasmani,Olahragadan
Kesehatan
10
(Pende-
katan
tematik)
10
(Pende-
katan
tematik)
10
(Pende-
katan
tematik)
10. KeterampilanVokasional/Teknologi
InformasidanKomunikasi*)
20 20 20
B. MuatanLokal 2 2 2
C.ProgramKhusus**) 2 2 2
D.PengembanganDiri 2***) 2***) 2***)
Jumlah 36 36 36
*)
Keterampilanvokasional/teknologiinformasidankomunikasimerupakan
paketpilihan.Jenisketerampilanvokasional/teknologiinformasiyang
dikembangkan,diserahkankepadasekolahsesuaipotensidaerah.
**)Disesuaikandengankelainandankebutuhanpesertadidik
2***)
Ekuivalen2jampembelajaran40
Tabel24.StrukturKurikulumSMALBTunagrahitaRingan,TunagrahitaSedang,
TunadaksaSedang,danTunaganda.
KelasdanAlokasi Waktu
Komponen
VII VIII IX
A. MataPelajaran
1. PendidikanAgama
2. PendidikanKewarganegaraan
3. BahasaIndonesia
4. BahasaInggris
5. Matematika
6. Ilmu PengetahuanSosial
7. IlmuPengetahuanAlam
8. SeniBudaya
9. PendidikanJasmani,Olahragadan
Kesehatan
10
(Pende-
katan
Tematik)
10
(Pende-
katan
Tematik)
10
(Pende-
katan
Tematik)
10. KeterampilanVokasional/Teknologi
InformasidanKomunikasi*)
24 24 24
B. MuatanLokal 2 2 2
C.ProgramKhusus**)
- - -
D. PengembanganDiri
2***) 2***) 2***)
Jumlah 36 36 36
*)
Keterampilanvokasional/teknologiinformasidankomunikasimerupakan
paketpilihan.Jenisketerampilanvokasional/teknologiinformasiyang
dikembangkan,diserahkankepadasekolahsesuaipotensi daerah.
**)Disesuaikandengankelainandankebutuhanpesertadidik
2***)
Ekuivalen2jampembelajaran
E. StandarKompetensidanKompetensiDasar
Kedalamanmuatankurikulumpadasetiapsatuanpendidikandituangkandalam
kompetensiyangterdiriatasstandarkompetensidankompetensidasarpadasetiap
tingkatdan/atausemester.Standarkompetensidankompetensidasaruntuksetiap
matapelajaranpadasetiaptingkatdansemesterdisajikanpadalampiran-lampiran
PeraturanMenteriPendidikanNasionaliniyangterdiratas:Lampiran1Standar
KompetensidanKompetensiDasarTingkatSD/MIdanSDLB,Lampiran2
StandarKompetensidanKompetensiDasarTingkatSMP/MTsdanSMPLB,dan
Lampiran3StandarKompetensidanKompetensiDasarTingkat
SMA/MA/SMALBdanSMK/MAK.41
BABIII
BEBANBELAJAR
Satuanpendidikanpadasemuajenisdanjenjangpendidikanmenyelenggarakan
programpendidikandenganmenggunakansistempaketatausistemkreditsemester.
Keduasistemtersebutdipilihberdasarkanjenjangdankategorisatuanpendidikan
yangbersangkutan.
SatuanpendidikanSD/MI/SDLBmelaksanakanprogrampendidikandengan
menggunakansistempaket.SatuanpendidikanSMP/MTs/SMPLB,
SMA/MA/SMALBdanSMK/MAKkategoristandarmenggunakansistem paketatau
dapatmenggunakansistemkreditsemester.SatuanpendidikanSMA/MA/SMALB
danSMK/MAKkategorimandirimenggunakansistemkreditsemester.
Bebanbelajaryangdiaturpadaketentuaniniadalahbebanbelajarsistempaketpada
jenjangpendidikandasardanmenengah. SistemPaketadalahsistempenyelenggaraan
programpendidikanyangpesertadidiknyadiwajibkanmengikutiseluruhprogram
pembelajarandanbebanbelajaryangsudahditetapkanuntuksetiapkelassesuai
denganstrukturkurikulumyangberlakupadasatuanpendidikan.Bebanbelajarsetiap
matapelajaranpadaSistemPaketdinyatakandalam satuanjampembelajaran.
Bebanbelajardirumuskandalambentuksatuanwaktuyangdibutuhkanolehpeserta
didikuntukmengikutiprogrampembelajaranmelaluisistemtatapmuka,penugasan
terstruktur,dankegiatanmandiritidakterstruktur.Semuaitudimaksudkanuntuk
mencapaistandarkompetensilulusandenganmemperhatikantingkatperkembangan
pesertadidik.
Kegiatantatapmukaadalahkegiatanpembelajaranyangberupaprosesinteraksi
antarapesertadidikdenganpendidik.Bebanbelajarkegiatantatapmukaperjam
pembelajaranpadamasing-masingsatuanpendidikanditetapkansebagaiberikut:
a. SD/MI/SDLBberlangsungselama35menit;
b. SMP/MTs/SMPLBberlangsungselama40 menit;
c. SMA/MA/SMALB/SMK/MAKberlangsungselama45menit.
Bebanbelajarkegiatantatapmukaperminggupadasetiapsatuanpendidikanadalah
sebagaiberikut:
a. JumlahjampembelajarantatapmukapermingguuntukSD/MI/SDLB:
1) KelasIs.d.IIIadalah29s.d.32 jampembelajaran;
2) KelasIVs.d.VIadalah34jampembelajaran.
b. JumlahjampembelajarantatapmukapermingguuntukSMP/MTs/SMPLB
adalah34jampembelajaran.
c. JumlahjampembelajarantatapmukapermingguuntukSMA/MA/SMALB/
SMK/MAKadalah38s.d.39jampembelajaran.42
Bebanbelajarkegiatantatapmukakeseluruhanuntuksetiapsatuanpendidikanadalah
sebagaimanaterterapadaTabel25
Tabel25.BebanBelajarKegiatanTatapMuka Keseluruhanuntuk setiapSatuan
Pendidikan
*)UntukSDLBSMPLB,SMALBalokasiwaktujampembelajarantatapmuka dikurangi5 menit
Penugasanterstrukturadalahkegiatanpembelajaranyangberupapendalamanmateri
pembelajaranolehpesertadidikyangdirancangolehpendidikuntukmencapaistandar
kompetensi.Waktupenyelesaianpenugasanterstrukturditentukanolehpendidik.
Kegiatanmandiritidakterstrukturadalahkegiatanpembelajaranyang berupa
pendalamanmateripembelajaranolehpesertadidikyangdirancangolehpendidik
untukmencapaistandarkompetensi.Waktupenyelesaiannyadiatursendirioleh
pesertadidik.
Satuan
Pendidikan
Kelas
Satujam
pemb.tatap
muka(menit)
Jumlahjam
pemb.Per
minggu
Minggu
Efektif
pertahun
ajaran
Waktu
pembelajaranper
tahun
Jumlah
jamper
tahun
(@60
menit)
Is.d.III
35
26-28 34-38
884-1064 jam
pembelajaran
(30940 – 37240
menit)
516-621
SD/MI/
SDLB*)
IVs.d.
VI
35 32 34-38
1088-1216 jam
pembelajaran
(38080 - 42560
menit
635-709
SMP/MTs/
SMPLB*)
VIIs.d.
IX 40 32 34-38
1088 - 1216 jam
pembelajaran
(43520 - 48640
menit)
725-811
SMA/MA/
SMALB*)
Xs.d.
XII
45 38-39 34-38
1292-1482jam
pembelajaran
(58140 - 66690
menit)
969-
1111,5
SMK/MAK Xs.dXII 45 36 38
1368jam
pelajaran
(61560menit)
1026
(standar
minimum)43
Bebanbelajarpenugasanterstrukturdankegiatanmandiritidakterstruktur terdiri
dari:
1. Waktuuntukpenugasanterstrukturdankegiatanmandiritidakterstrukturbagi
pesertadidikpadaSD/MI/SDLBmaksimum40%darijumlahwaktukegiatan
tatapmukadarimatapelajaranyangbersangkutan.
2. Waktuuntukpenugasanterstrukturdankegiatanmandiritidakterstrukturbagi
pesertadidikpadaSMP/MTs/SMPLBmaksimum50%darijumlahwaktu
kegiatantatapmukadarimatapelajaranyangbersangkutan.
3. Waktuuntukpenugasanterstrukturdankegiatanmandiritidakterstrukturbagi
pesertadidikpada SMA/MA/SMALB/SMK/MAKmaksimum60%darijumlah
waktukegiatantatapmukadarimatapelajaranyangbersangkutan.
Penyelesaianprogrampendidikandenganmenggunakansistempaketadalahenam
tahununtukSD/MI/SDLB,tigatahununtukSMP/MTs/SMPLBdan
SMA/MA/SMALB,dantigasampaidenganempattahununtukSMK/MAK.Program
percepatandapatdiselenggarakanuntukmengakomodasipesertadidikyangmemiliki
potensikecerdasandanbakatistimewa.
Sistemkreditsemesteradalahsistempenyelenggaraanprogrampendidikanyang
pesertadidiknyamenentukansendiribebanbelajardanmatapelajaranyangdiikuti
setiapsemesterpadasatuanpendidikan. Bebanbelajarsetiapmatapelajaranpada
sistemkreditsemesterdinyatakandalamsatuankreditsemester(sks).Bebanbelajar
satusksmeliputisatujampembelajarantatapmuka,satujampenugasanterstruktur,
dansatujamkegiatanmandiritidakterstruktur. Panduantentangsistemkredit
semesterdiuraikansecarakhususdalamdokumentersendiri.44
BABIV
KALENDERPENDIDIKAN
Kurikulumsatuanpendidikanpadasetiapjenisdanjenjangdiselenggarakandengan
mengikutikalenderpendidikanpadasetiaptahunajaran.Kalenderpendidikanadalah
pengaturanwaktuuntukkegiatanpembelajaranpesertadidikselamasatutahunajaran
yangmencakuppermulaantahunpelajaran,mingguefektifbelajar,waktu
pembelajaranefektifdanharilibur.
A. AlokasiWaktu
Permulaantahunpelajaranadalahwaktudimulainyakegiatanpembelajaranpada
awaltahunpelajaranpadasetiapsatuanpendidikan.
Mingguefektifbelajaradalahjumlahminggukegiatanpembelajaranuntuksetiap
tahunpelajaranpadasetiapsatuanpendidikan.
Waktupembelajaranefektifadalahjumlahjampembelajaransetiapminggu,
meliputijumlahjampembelajaranuntukseluruhmatapelajarantermasukmuatan
lokal,ditambahjumlahjamuntukkegiatanpengembangandiri.
Waktuliburadalahwaktuyangditetapkanuntuktidakdiadakankegiatan
pembelajaranterjadwalpadasatuanpendidikanyangdimaksud.Waktuliburdapat
berbentukjedatengahsemester,jedaantarsemester,liburakhirtahunpelajaran,
hariliburkeagamaan,hariliburumumtermasukhari-haribesarnasional,danhari
liburkhusus.
Alokasiwaktumingguefektifbelajar,waktuliburdankegiatanlainnyatertera
padaTabel26.
Tabel26.AlokasiWaktupadaKelenderPendidikan
No Kegiatan AlokasiWaktu Keterangan
1. Mingguefektif
belajar
Minimum34
minggudan
maksimum38
minggu
Digunakanuntukkegiatan
pembelajaranefektifpadasetiap satuan
pendidikan
2. Jedatengahsemester Maksimum2
minggu
Satuminggusetiapsemester
3. Jedaantarsemester Maksimum2
minggu
AntarasemesterIdanII
4. Liburakhirtahun
pelajaran
Maksimum3
minggu
Digunakanuntukpenyiapankegiatan
danadministrasiakhirdanawaltahun45
No Kegiatan AlokasiWaktu Keterangan
pelajaran
5. Hariliburkeagamaan 2– 4minggu Daerahkhususyangmemerlukanlibur
keagamaanlebihpanjangdapat
mengaturnyasendiritanpamengurangi
jumlahmingguefektifbelajar dan
waktupembelajaranefektif
6. Harilibur
umum/nasional
Maksimum2
minggu
DisesuaikandenganPeraturan
Pemerintah
7. Hariliburkhusus Maksimum1
minggu
Untuksatuanpendidikansesuaidengan
cirikekhususanmasing-masing
8. Kegiatankhusus
sekolah/madrasah
Maksimum3
minggu
Digunakanuntukkegiatanyang
diprogramkansecarakhususoleh
sekolah/madrasahtanpamengurangi
jumlahmingguefektifbelajar dan
waktupembelajaranefektif
B. PenetapanKalenderPendidikan
1.PermulaantahunpelajaranadalahbulanJulisetiaptahundanberakhirpada
bulanJunitahunberikutnya.
2. HarilibursekolahditetapkanberdasarkanKeputusanMenteriPendidikan
Nasional,dan/atauMenteriAgamadalamhalyangterkaitdenganhariraya
keagamaan,KepalaDaerahtingkatKabupaten/Kota,dan/atauorganisasi
penyelenggarapendidikandapatmenetapkanhariliburkhusus.
3. PemerintahPusat/Provinsi/Kabupaten/Kotadapatmenetapkanharilibur
serentakuntuksatuan-satuanpendidikan.
4. Kalenderpendidikanuntuksetiapsatuanpendidikandisusunolehmasing-
masingsatuanpendidikanberdasarkanalokasiwaktusebagaimanatersebut
padadokumenStandarIsiinidenganmemperhatikanketentuandari
pemerintah/pemerintahdaerah.
MENTERIPENDIDIKANNASIONAL,
TTD.
BAMBANGSUDIBYO46
GLOSARIUM
1. Standarnasionalpendidikanadalahkriteriaminimaltentangsistempendidikan
diseluruhwilayahhukumNegaraKesatuanRepublikIndonesia.
2. BadanStandarNasionalPendidikanyangdisingkatBSNPadalahbadan
mandiridanindependenyangbertugasmengembangkan,mamantau
pelaksanaan, danmengevaluasistandarnasionalpendidikan.
3. Standarisiadalahruanglingkupmateridantingkatkompetensiyang
dituangkandalamkriteriatentangkompetensitamatan,kompetensibahan
kajian,kompetensimatapelajaran,dansilabuspembelajaranyangharus
dipenuhiolehpesertadidikpadajenjangdanjenispendidikantertentu.
4. Kurikulumadalahseperangkatrencanadanpengaturanmengenaitujuan,isi,
danbahanpelajaransertacarayangdigunakansebagaipedoman
penyelenggaraankegiatanpembelajaranuntukmencapaitujuanpendidikan
tertentu.
5. Kerangkadasarkurikulumadalahrambu-rambuyangditetapkanberdasarkan
PeraturanPemerintahNomor19Tahun2005tentangStandarNasional
Pendidikanuntukdijadikanpedomandalampenyusunankurikulumtingkat
satuanpendidikandansilabusnyapadasetiapsatuanpendidikan.
6. Kurikulumtingkatsatuanpendidikanadalahkurikulumoperasionalyang
disusunolehdandilaksanakandimasing-masingsatuanpendidikan.
7. Pesertadidikadalahanggotamasyarakatyangberusahamengembangkan
potensidirimelaluiprosespembelajaranyangtersediapadajalur,jenjang,dan
jenispendidikantertentu.
8. Kompetensi adalahkemampuanbersikap,berpikir,danbertindaksecara
konsistensebagaiperwujudandaripengetahuan,sikap,danketerampilanyang
dimilikiolehpesertadidik.
9. StandarKompetensiLulusanadalahkualifikasikemampuanlulusanyang
mencakupsikap,pengetahuan,danketerampilan;StandarKompetensiLulusan
meliputikompetensiuntukseluruhmatapelajaranatauseluruhkelompokmata
pelajaran.
10. StandarKompetensiKelompokMataPelajaranadalahkualifikasikemampuan
minimalpesertadidikpadasetiapkelompokmatapelajaranyangmencakup
kelompokmatapelajaranagamadanakhlakmulia,kewarganegaraandan
kepribadian, ilmupengetahuandanteknologi,estetikadanjasmani,olahraga
dankesehatan.
11. StandarKompetensiMataPelajaranadalahkualifikasikemampuanminimal
pesertadidikyangmenggambarkanpenguasaansikap,pengetahuan,dan
keterampilanyangdiharapkandicapaipadasetiaptingkatdan/atausemester
untukmatapelajarantertentu.47
12. StandarKompetensiadalahkualifikasikemampuanminimalpesertadidik
yangmenggambarkanpenguasaansikap,pengetahuan,danketerampilanyang
diharapkandicapaipadasetiaptingkatdan/atausemester;standarkompetensi
terdiriatassejumlahkompetensidasarsebagaiacuanbakuyangharusdicapai
danberlakusecaranasional.
13. KompetensiDasarmerupakansejumlahkemampuanyangharusdimiliki
pesertadidikdalammatapelajarantertentusebagairujukanuntukmenyusun
indikatorkompetensi.
14. Bebanbelajardirumuskandalambentuksatuanwaktuyangdibutuhkanoleh
pesertadidikuntukmengikutiprogrampembelajaranmelaluisistemtatap
muka,penugasanterstruktur,dankegiatanmandiritidakterstrukturuntuk
mencapaistandarkompetensi lulusansertakemampuanlainnyadengan
memperhatikantingkatperkembanganpesertadidik.
15. Kegiatantatapmukaadalahkegiatanpembelajaranyangberupaproses
interaksiantarapesertadidik,materipembelajaran,pendidikdanlingkungan.
16. Penugasanterstrukturadalahkegiatanpembelajaranyangberupapendalaman
materipembelajaranolehpesertadidikyangdidesainolehpendidikuntuk
menunjangpencapaiantingkatkompetensidanataukemampuanlainnyapada
kegiatantatapmuka.Waktupenyelesaianpenugasanterstrukturditentukan
olehpendidik.Penugasanterstrukturtermasukkegiatanperbaikan,pengayaan,
danpercepatan
17. Kegiatanmandiritidakterstrukturadalahkegiatanpembelajaranyangberupa
pendalamanmateripembelajaranolehpesertadidikyangdidesainoleh
pendidik untukmenunjangpencapaiantingkatkompetensimatapelajaranatau
lintasmatapelajaranataukemampuanlainnyayangwaktupenyelesaiannya
diatursendiriolehpesertadidik.
18. SistemPaketadalahsistempenyelenggaraanprogrampendidikanyangpeserta
didiknyadiwajibkanmengikutiseluruhprogrampembelajarandanbeban
belajaryangsudahditetapkanuntuksetiapkelassesuaidenganstruktur
kurikulumyangberlakupadasatuanpendidikanyangdimaksud.
19. SistemKreditSemester(SKS)adalahsistempenyelenggaraanprogram
pendidikanyangpesertadidiknyamenentukansendiribebanbelajardan
matapelajaran-matapelajaranyangdiikutinyasetiapsemesterpadasatuan
pendidikanyangdimaksud.
20. Kalenderpendidikanadalahpengaturanwaktuuntukkegiatanpembelajaran
pesertadidikselamasatutahunajaran.Kalenderpendidikanmencakup
permulaantahunajaran,mingguefektifbelajar,waktupembelajaranefektif
danharilibur.
21. Permulaantahunajaranadalahwaktudimulainyakegiatanpembelajaranpada
awaltahunajaranpada setiapsatuanpendidikan.
22. Mingguefektifbelajaradalahjumlahminggukegiatanpembelajaranuntuk
setiaptahunajaranpadasetiapsatuanpendidikan.
23. Waktupembelajaranefektifadalahjumlahjampembelajaransetiapminggu,
meliputijumlahjampembelajaranuntukseluruhmatapelajarantermasuk
muatanlokal,ditambahjumlahjamuntukkegiatanpengembangandiri.48
24. Waktuliburadalahwaktuyangditetapkanuntuktidakdiadakankegiatan
pembelajaranterjadwalpadasatuanpendidikanyangdimaksud.Waktulibur
dapatberbentukjedatengahsemester,jedaantarsemester,liburakhirtahun
pelajaran,hariliburkeagamaan,hariliburumum(termasukhari-haribesar
nasional),danhariliburkhusus.
25. Strukturkurikulummerupakanpoladansusunanmatapelajaranyangharus
ditempuholehpesertadidikpadasatuanpendidikandalamkegiatan
pembelajaran.Susunanmatapelajarantersebutterbagidalamlimakelompok
yaitukelompokmatapelajaranagamadanakhlakmulia;kewarganegaraan
dankepribadian; ilmupengetahuandanteknologi,estetika;jasmani,olahraga
dankesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar