SELAMAT DATANG DI BLOG GANTENG

Kamis, 29 Desember 2011

PERMENDIKNAS NO 23 TAHUN2006 - SKL

PERATURANMENTERIPENDIDIKANNASIONALNOMOR23TAHUN2006TENTANGSTANDAR
KOMPETENSI
LULUSANUNTUKSATUANPENDIDIKANDASARDANMENENGAH
DENGANRAHMATTUHANYANGMAHAESA
MENTERIPENDIDIKANNASIONAL,
Menimbang : bahwaagarPeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006
tentangStandarIsiUntukSatuanPendidikanDasardanMenengahdanPeraturan
MenteriPendidikanNasionalNomor23Tahun2006tentangStandarKompetensi
LulusanUntukSatuanPendidikanDasardanMenengahdapatdilaksanakandisatuan
pendidikanpadajenjangpendidikandasardanmenengahsecarabaik,perlu
menetapkanPeraturanMenteriPendidikanNasionaltentangPelaksanaanPeraturan
MenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006tentangStandarIsiUntukSatuan
PendidikanDasardanMenengahdanPeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor23
Tahun2006tentangStandarKompetensiLulusanuntukSatuanPendidikanDasardan
Menengah;
Mengingat : 1. Undang-UndangNomor20Tahun2003tentangSistemPendidikan Nasional
(LembaranNegaraRepublikIndonesiaTahun2003Nomor78,Tambahan
LembaranNegaraRepublikIndonesiaNomor4301);
2. PeraturanPemerintahNomor19Tahun2005tentangStandarNasionalPendidikan
(LembaranNegaraRepublikIndonesiaTahun2005Nomor41, Tambahan
LembaranNegaraRepublikIndonesiaNomor4496);
3. PeraturanPresidenNomor9Tahun2005tentangKedudukan,Tugas,Fungsi,
SusunanOrganisasi,danTatakerjaKementrianNegaraRepublikIndonesia
sebagaimanatelahdiubahdenganPeraturanPresidenNomor62Tahun2005;
4. KeputusanPresidenNomor187/MTahun2004mengenaiPembentukanKabinet
IndonesiaBersatusebagaimanatelahbeberapakalidiubahterakhirdengan
KeputusanPresidenNomor20/PTahun2005;
5. PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006tentangStandarIsi
UntukSatuanPendidikanDasardanMenengah;
6. PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor23Tahun2006tentangStandar
KompetensiLulusanUntukSatuanPendidikanDasardanMenengah;
MEMUTUSKAN:
Menetapkan : PERATURAN MENTERIPENDIDIKANNASIONALTENTANGPELAKSANAAN
PERATURANMENTERIPENDIDIKANNASIONALNOMOR22TAHUN2006
TENTANGSTANDARISIUNTUKSATUANPENDIDIKANDASARDAN
MENENGAHDANPERATURANMENTERIPENDIDIKANNASIONALNOMOR
23TAHUN2006TENTANGSTANDARKOMPETENSILULUSANUNTUK
SATUANPENDIDIKANDASARDANMENENGAH.
Pasal1
(1) Satuanpendidikandasardanmenengahmengembangkandanmenetapkankurikulumtingkatsatuan
pendidikandasardanmenengahsesuaikebutuhansatuanpendidikanyangbersangkutan
berdasarkan pada:
a. Undang-UndangNomor20Tahun2003tentangSistemPendidikanNasionalPasal36sampai
denganPasal38;
b. PeraturanPemerintahNomor19Tahun2005tentangStandarNasionalPendidikanPasal5
sampaidenganPasal18,danPasal25sampaidenganPasal27;
c. PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006tentangStandarIsiuntukSatuan
PendidikanDasardanMenengah;
d. PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor23Tahun2006tentangStandarKompetensi
LulusanuntukSatuanPendidikanDasardanMenengah.
(2) Satuanpendidikandasardanmenengahdapatmengembangkankurikulumdenganstandaryang
lebihtinggidariStandarIsisebagaimanadiaturdalamPeraturanMenteriPendidikanNasional
Nomor22Tahun2006tentangStandarIsiuntukSatuanPendidikan DasardanMenengahdan
StandarKompentesiLulusansebagaimanadiaturdalamPeraturanMenteriPendidikanNasional
Nomor23Tahun2006tentangStandarKompetensiLulusanuntukSatuanPendidikanDasardan
Menengah.2
(3) Pengembangandanpenetapankurikulumtingkatsatuanpendidikandasardanmenengah
memperhatikanpanduanpenyusunankurikulumtingkatsatuanpendidikandasardanmenengahyang
disusunBadanStandarNasionalPendidikan(BSNP).
(4) Satuanpendidikandasardanmenengahdapatmengadopsiataumengadaptasimodelkurikulum
tingkatsatuanpendidikandasardanmenengahyangdisusunolehBSNP.
(5) Kurikulumsatuanpendidikandasardanmenengahditetapkanolehkepalasatuanpendidikandasar
danmenengahsetelahmemperhatikanpertimbangandariKomiteSekolah atauKomiteMadrasah.
Pasal2
(1) SatuanpendidikandasardanmenengahdapatmenerapkanPeraturanMenteriPendidikanNasional
Nomor22Tahun2006tentangStandarIsiUntukSatuanPendidikanDasardanMenengahdan
PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor23Tahun2006tentangStandarKompetensiLulusan
UntukSatuanPendidikanDasardanMenengahmulaitahunajaran2006/2007.
(2) SatuanpendidikandasardanmenengahharussudahmulaimenerapkanPeraturanMenteriPendidikan
NasionalNomor22Tahun2006tentangStandarIsiUntukSatuanPendidikanDasardanMenengahdan
PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor23Tahun2006tentangStandarKompetensiLulusan
UntukSatuanPendidikanDasardanMenengahpalinglambattahunajaran2009/2010.
(3) Satuan pendidikandasardanmenengahpadajenjangpendidikandasardanmenengahyangtelah
melaksanakanujicobakurikulum2004secaramenyeluruhdapatmenerapkansecaramenyeluruh
PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006tentangStandarIsiUntukSatuan
PendidikanDasardanMenengahdanPeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor23Tahun2006
tentangStandarKompetensiLulusanUntukSatuanPendidikanDasardanMenengahuntuksemua
tingkatankelasnyamulaitahunajaran2006/2007.
(4) Satuanpendidikandasardanmenengahyangbelummelaksanakanujicobakurikulum2004,
melaksanakanPeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006tentangStandarIsiUntuk
SatuanPendidikanDasardanMenengahdanPeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor23Tahun
2006tentangStandarKompetensiLulusanUntukSatuanPendidikanDasardanMenengahsecara
bertahapdalamwaktupalinglama3tahun,dengantahapan:
a. Untuksekolahdasar(SD),madrasahibtidaiyah(MI),dansekolahdasarluarbiasa(SDLB):
- tahunI :kelas 1dan4;
- tahunII :kelas1,2,4,dan5;
- tahunIII :kelas1,2,3,4,5dan6.
b. Untuksekolahmenengahpertama(SMP),madrasahtsanawiyah(MTs),sekolahmenengahatas
(SMA),madrasahaliyah(MA),sekolahmenengahkejuruan(SMK),madrasahaliyahkejuruan(MAK),
sekolahmenengahpertamaluarbiasa(SMPLB),dansekolahmenengahatasluarbiasa(SMALB):
- tahunI :kelas1;
- tahunII :kelas1dan2;
- tahunIII :kelas1,2,dan3.
(5) Penyimpanganterhadapketentuansebagaimanadimaksudpadaayat(2)dapatdilakukansetelah
mendapatizinMenteriPendidikanNasional.
Pasal3
(1) GubernurdapatmengaturjadwalpelaksanaanPeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun
2006tentangStandarIsiUntukSatuanPendidikanDasardanMenengahdanPeraturanMenteri
PendidikanNasionalNomor23Tahun2006tentangStandarKompetensiLulusanUntukSatuan
PendidikanDasardanMenengah, untuksatuanpendidikanmenengahdansatuanpendidikankhusus,
disesuaikandengankondisidankesiapansatuanpendidikandi provinsimasing-masing.
(2) Bupati/walikotadapatmengaturjadwalpelaksanaanPeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22
Tahun2006tentangStandarIsiUntukSatuanPendidikanDasardanMenengahdanPeraturanMenteri
PendidikanNasionalNomor23Tahun2006tentangStandarKompetensiLulusanUntukSatuan
PendidikanDasardanMenengah, untuksatuanpendidikandasar, disesuaikandengankondisidan
kesiapansatuanpendidikandikabupaten/kotamasing-masing.
(3) MenteriAgamadapatmengaturjadwalpelaksanaanPeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22
Tahun2006tentangStandarIsiUntukSatuanPendidikanDasardanMenengahdanPeraturanMenteri
PendidikanNasionalNomor23Tahun2006tentangStandarKompetensiLulusanUntukSatuan
PendidikanDasardanMenengah, untuksatuanpendidikanmadrasahibtidaiyah(MI),madrasah
tsanawiyah(MTs),madrasahaliyah(MA),danmadrasahaliyahkejuruan(MAK),disesuaikandengan
kondisidankesiapansatuanpendidikanyangbersangkutan.
Pasal4
(1) BSNPmelakukanpemantauan perkembangandanevaluasipelaksanaan PeraturanMenteri
PendidikanNasionalNomor22Tahun2006tentangStandarIsiUntukSatuanPendidikanDasardan
MenengahdanPeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor23Tahun2006tentangStandar3
KompetensiLulusan UntukSatuanPendidikanDasardanMenengah, padatingkatsatuanpendidikan,
secaranasional.
(2) BSNPdapatmengajukanusulrevisi PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006
tentangStandarIsiUntukSatuanPendidikanDasardanMenengahdanPeraturanMenteriPendidikan
NasionalNomor23Tahun2006tentangStandarKompetensiLulusanUntukSatuanPendidikanDasar
danMenengah sesuaidengankeperluanberdasarkanpemantauanhasilevaluasisebagaimana
dimaksudpadaayat(1).
Pasal5
DirektoratJenderalManajemenPendidikanDasardanMenengah:
a. menggandakan PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006tentangStandarIsiUntuk
SatuanPendidikanDasardanMenengahdanPeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor23Tahun
2006tentangStandarKompetensiLulusanUntukSatuanPendidikanDasardanMenengah, serta
mendistribusikannyakepadasetiapsatuanpendidikansecaranasional;
b. melakukanusahasecaranasionalagarsaranadanprasaranasatuanpendidikandasardan
menengahdapatmendukungpenerapan PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun
2006tentangStandarIsiUntukSatuanPendidikanDasardanMenengahdanPeraturanMenteri
PendidikanNasionalNomor23Tahun2006tentangStandarKompetensiLulusanUntukSatuan
PendidikanDasardanMenengah.
Pasal6
DirektoratJenderalPeningkatanMutuPendidikdanTenagaKependidikan:
a. melakukansosialisasi PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006tentangStandar
IsiUntukSatuanPendidikanDasardanMenengahdanPeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor
23Tahun2006tentangStandarKompetensiLulusanUntukSatuanPendidikanDasardanMenengah,
danpanduanpenyusunankurikulumtingkatsatuanpendidikandasardanmenengahyangdisusun
BSNP, terhadapguru,kepalasekolah,pengawas,dantenagakependidikanlainnyayangrelevan
melaluiLembagaPenjaminanMutuPendidikan(LPMP)dan/atauPusatPengembangandan
PenataranGuru(PPPG);
b. melakukansosialisasi PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006tentangStandarIsi
UntukSatuanPendidikanDasardanMenengahdanPeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor23
Tahun2006tentangStandarKompetensiLulusanUntukSatuanPendidikanDasardanMenengah,dan
panduanpenyusunankurikulumtingkatsatuanpendidikan dasardanmenengahyangdisusunBSNP
kepadadinaspendidikanprovinsi,dinaspendidikankabupaten/kota,dandewanpendidikan;
c. membantupemerintahprovinsidankabupaten/kotadalampenjaminanmutusatuanpendidikandasar
danmenengahagardapatmemenuhi PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006
tentangStandarIsiUntukSatuanPendidikanDasardanMenengahdanPeraturanMenteriPendidikan
NasionalNomor23Tahun2006tentangStandarKompetensiLulusanUntukSatuanPendidikanDasar
danMenengah, melaluiLPMP.
Pasal7
BadanPenelitiandanPengembanganDepartemenPendidikanNasional:
a. mengembangkanmodel-modelkurikulumsebagaimasukanbagiBSNP;
b. mengembangkandanmengujicobakanmodel-modelkurikuluminovatif;
c. mengembangkandanmengujicobakanmodelkurikulumuntukpendidikanlayanankhusus;
d. bekerjasamadenganperguruantinggidan/atauLPMPmelakukanpendampingansatuanpendidikan
dasardanmenengahdalampengembangankurikulumsatuanpendidikandasardanmenengah;
e. memonitorsecaranasionalpenerapan PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006
tentangStandarIsiUntukSatuanPendidikanDasardanMenengahdanPeraturanMenteriPendidikan
NasionalNomor23Tahun2006tentangStandarKompetensiLulusanUntukSatuanPendidikan Dasar
danMenengah, mengevaluasinya,danmengusulkanrekomendasikebijakankepadaBSNPdan/atau
Menteri;
f. mengembangkanpangkalandatayangrincitentangpelaksanaan PeraturanMenteriPendidikanNasional
Nomor22Tahun2006tentangStandarIsiUntukSatuanPendidikanDasardanMenengahdan
PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor23Tahun2006tentangStandarKompetensiLulusan
UntukSatuanPendidikanDasardanMenengah.
Pasal8
DirektoratJenderalPendidikanTinggi:
a. melakukansosialisasi Peraturan MenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006tentangStandarIsi
UntukSatuanPendidikanDasardanMenengahdanPeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor23
Tahun2006tentangStandarKompetensiLulusanUntukSatuanPendidikanDasardanMenengah, di
kalanganlembagapendidikantenagakeguruan(LPTK);
b. memfasilitasipengembangankurikulumdantenagadosenLPTKyangmendukungpelaksanaan
PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006tentangStandarIsiUntukSatuan4
PendidikanDasardanMenengahdanPeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor23Tahun2006
tentangStandarKompetensiLulusanUntukSatuanPendidikanDasardanMenengah.
Pasal9
SekretariatJenderal melakukansosialisasi PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun 2006
tentangStandarIsiUntukSatuanPendidikanDasardanMenengahdanPeraturanMenteriPendidikan
NasionalNomor23Tahun2006tentangStandarKompetensiLulusanUntukSatuanPendidikanDasardan
Menengah, kepadapemangkukepentinganumum.
Pasal10
Departemenlainyangmenyelenggarakansatuanpendidikandasardanmenengah:
a. melakukansosialisasi PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006tentangStandarIsi
UntukSatuanPendidikanDasardanMenengahdanPeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor23
Tahun2006tentangStandarKompetensiLulusanUntukSatuanPendidikanDasardanMenengah
sesuaidengankewenangannyadanberkoordinasidenganDepartemenPendidikanNasional;
b. mengusahakansecaranasionalsesuaidengankewenangannyaagarsarana,prasarana,dansumber
dayamanusiasatuanpendidikanyangberadadibawahkewenangannyamendukungpelaksanaan
PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006tentangStandarIsiUntukSatuan
PendidikanDasardanMenengahdanPeraturan MenteriPendidikanNasionalNomor23Tahun2006
tentangStandarKompetensiLulusanUntukSatuanPendidikanDasardanMenengah;
c. melakukansupervisi,memantau,danmengevaluasipelaksanaan PeraturanMenteriPendidikan
NasionalNomor22Tahun2006tentang StandarIsiUntukSatuanpendidikanDasardanMenengahdan
PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor23Tahun2006tentangStandarKompetensiLulusan
UntukSatuanPendidikanDasardanMenengah sesuaidengankewenangannya.
Pasal11
DenganberlakunyaPeraturanMenteriini,KeputusanMenteriPendidikandanKebudayaan:
a. Nomor060/U/1993tentangKurikulumPendidikanDasar;
b. Nomor061/U/1993tentangKurikulumSekolahMenengahUmum;
c. Nomor080/U/1993tentangKurikulumSekolahMenengahKejuruan;dan
d. Nomor0126/U/1994tentangKurikulumPendidikanLuarBiasa;
dinyatakantidakberlakubagisatuanpendidikandasardanmenengahsejaksatuanpendidikandasardan
menengahyangbersangkutanmelaksanakanPeraturanMenteriinisebagaimanadiaturdalamPasal2dan
Pasal3.
Pasal12
PeraturanMenteriinimulaiberlakupadatanggalditetapkan.
DitetapkandiJakarta
padatanggal2Juni2006
MENTERIPENDIDIKANNASIONAL,
TTD.
BAMBANGSUDIBYO5
Lampiran:PermendiknasNo23Tahun2006tentangStandarKelulusan
C. STANDAR KOMPETENSILULUSANMATAPELAJARAN
1. SEKOLAHDASAR(SD)/MADRASAHIBTIDAIYAH(MI)
a. PendidikanAgamaIslam SD/MI
1. Menyebutkan,menghafal,membacadanmengartikansurat-suratpendekdalamAl-Qur’an,mulaisurat
Al-FatihahsampaisuratAl-‘Alaq
2. Mengenaldanmeyakiniaspek-aspekrukunimandariimankepadaAllahsampaiimankepadaQadha
danQadar
3. Berperilakuterpujidalamkehidupansehari-harisertamenghindariperilakutercela
4. MengenaldanmelaksanakanrukunIslammulaidaribersuci(thaharah)sampaizakatsertamengetahui
tatacarapelaksanaanibadahhaji
5. Menceritakankisahnabi-nabisertamengambilteladandarikisahtersebutdanmenceritakankisah
tokohorang-orangterceladalamkehidupannabi
b. PendidikanAgama KristenSD
1. MemahamikasihAllahmelaluikeberadaandirinya
2. MenanggapikasihAllahdenganmengasihiorangtua,keluargadanteman
3. BeribadahkepadaTuhansebagaiucapansyukurmelaluidoadanmembaca Alkitab
4. MemeliharaciptaanAllahlainnyadalamhidupsehari-hari
c. PendidikanAgama KatolikSD
1. PesertadidikmenguraikanpemahamantentangpribadinyasebagaikaruniaTuhandanmengungkapkan
rasasyukurnyadenganberdoa,bernyanyisertamelakukanperbuatan-perbuatannyata
2. PesertadidikmemahamidanmencintaiAllahsebagaiBapaPenciptadanPenyelenggaraseperti
dikisahkanKitabSuciPerjanjianLamadanPerjanjianBarudanmeneladani YesusKristus sebagai
Penyelamathidupumatmanusia.
3. Pesertadidikmemahami Gereja sebagaipersekutuanUmatAllahdansebagaiSakramenkeselamatan
yangdiutuskedalamduniadanRohKudusyangdiutusYesussebagaijiwaGerejayangsenantiasa
menyertainya.
4. Pesertadidikmemahamihidupberimanyangterlibatdalam masyarakat sebagaiperwujudanimannya.
d. PendidikanAgama HinduSD
1. MeyakinikemahakuasaanSangHyangWidhi(Tuhan)sebagaiMahaPencipta,TriMurti,TriPurusa
danCadhuSakti
2. Memahamiajaran PancaSradhadanTriSarira
3. MemahamiajaranSusilayangmeliputi:TriKayaParisudha,TriMala,CaturParamita,TriParartha,
PancaYama,PancaNyamaBratha,CaturGuru,DasaYamadanDasaNyamaBrathadalamkehidupan
sehari-hari
4. Mendemonstrasikanpemahamansikap-sikapsembahyangTriSandhyadansaranasembahyang
5. MenerapkanPancaYadnyasecaraNityaKarmadanNaimitikaKarmadalamkehidupansehari-hari
6. MemahamiWedasebagaikitabsucidanwahyuSangHyangWidhi(Tuhan)
7. MemahamiorangsuciagamaHindudantugasdankewajibanorangsuci
8. Memahamihari-harisucikeagamaandandasar-dasarharisuci(Wariga)
9. Mengenalpemimpinyangbaikdanpatutditeladanidiwilayahnya
10. MemahamiBhuanaAgungdanBhuanaAlit
11. Memahamitari-tariKeagamaan,lagu-lagukerohanian(Yadnya),dansejarahperkembanganHindu
sebelumdansesudahkemerdekaan
e. PendidikanAgamaBuddha SD
1. BerimankepadaTuhanYangMahaEsadanTriRatnadenganmengetahui fungsisertaterefleksidalam
moralitas(sila),meditasi(samadhi),dankebijaksanaan(panna)
2. Memilikikemampuandasaruntukmemahamidanmeyakiniagamanyasertamenerapkannyadalam
bertutur,berbuatdanberperilaku
3. MembacaParittadanDhammapadasertamengertiartinya
4. Beribadah(kebaktian)denganbaikdanbenarsesuaidengantuntunanmasing-masingaliran
5. Meneladanisifat,sikapdankepribadianBuddha,Bodhisattva,danparasiswautamaBuddha6
6. Memilikikemampuandasarberpikirlogis,kritis,dankreatifuntukmemecahkanmasalah
7. MemahamisejarahkehidupanBuddhaGotama
8. Memahamilambang-lambangagamaBuddha
9. MemilikibekalpengetahuandankemampuanuntukmelanjutkanpendidikandiSMP
f. Pendidikan KewarganegaraanSD/MI
1. Menerapkanhiduprukundalamperbedaan
2. Memahamidanmenerapkanhiduprukundirumahdandisekolah
3. Memahamikewajibansebagaiwargadalamkeluargadansekolah
4. Memahamihiduptertib dangotongroyong
5. Menampilkansikapcintalingkungandandemokratis
6. Menampilkanperilakujujur,disiplin,senangbekerja danantikorupsidalamkehidupansehari-hari,
sesuaidengannilai-nilaipancasila
7. Memahamisistempemerintahan,baikpadatingkatdaerah maupunpusat
8. Memahami maknakeutuhannegarakesatuanRepublikiIndonesia,dengankepatuhanterhadapundang-
undang,peraturan,kebiasaan,adat istiadat,kebiasaan,danmenghargaikeputusanbersama
9. Memahamidanmenghargaimaknanilai-nilaikejuanganbangsa
10. MemahamihubunganIndonesiadengannegaratetanggadanpolitikluarnegeri
g. BahasaIndonesiaSD/MI
1. Mendengarkan
Memahamiwacanalisanberbentukperintah,penjelasan,petunjuk,pesan,pengumuman,berita,
deskripsiberbagaiperistiwadanbendadisekitar,sertakaryasastraberbentukdongeng,puisi,cerita,
drama,pantundanceritarakyat
2. Berbicara
Menggunakanwacanalisan untukmengungkapkanpikiran,perasaan,daninformasidalamkegiatan
perkenalan,tegursapa,percakapansederhana,wawancara,percakapantelepon,diskusi,pidato,
deskripsiperistiwadanbendadisekitar,memberipetunjuk,deklamasi,cerita,pelaporanhasil
pengamatan,pemahamanisibukudanberbagaikaryasastrauntukanakberbentukdongeng,pantun,
drama,danpuisi
3. Membaca
Menggunakanberbagaijenismembacauntukmemahamiwacanaberupapetunjuk,tekspanjang,dan
berbagaikaryasastrauntukanakberbentukpuisi,dongeng,pantun,percakapan,cerita,dandrama
4. Menulis
Melakukanberbagaijeniskegiatanmenulisuntukmengungkapkanpikiran,perasaan,daninformasi
dalambentukkarangansederhana,petunjuk,surat,pengumuman,dialog,formulir,tekspidato, laporan,
ringkasan,parafrase,sertaberbagaikaryasastrauntukanakberbentukcerita,puisi,danpantun
h. MatematikaSD/MI
1. Memahamikonsepbilanganbulatdanpecahan,operasihitungdansifat-sifatnya,serta
menggunakannyadalampemecahanmasalahkehidupansehari-hari
2. Memahamibangundatardanbangunruangsederhana,unsur-unsurdansifat-sifatnya,serta
menerapkannyadalampemecahanmasalahkehidupansehari-hari
3. Memahamikonsepukurandanpengukuranberat,panjang,luas,volume,sudut,waktu,kecepatan, debit,
sertamengaplikasikannyadalampemecahanmasalahkehidupansehari-hari
4. Memahamikonsepkoordinatuntukmenentukanletakbendadanmenggunakannyadalampemecahan
masalahkehidupansehari-hari
5. Memahamikonseppengumpulandata,penyajiandatadengan tabel,gambardangrafik(diagram),
mengurutkandata,rentangandata,reratahitung,modus,sertamenerapkannyadalampemecahan
masalahkehidupansehari-hari
6. Memilikisikapmenghargaimatematikadankegunaannyadalamkehidupan
7. Memilikikemampuanberpikir logis,kritis,dankreatif
i. IlmuPengetahuanAlamSD/MI
1. Melakukanpengamatanterhadapgejalaalamdanmenceritakanhasilpengamatannyasecaralisandan
tertulis
2. Memahamipenggolonganhewandantumbuhan, sertamanfaat hewandantumbuhanbagimanusia,
upaya pelestariannya,daninteraksiantaramakhlukhidupdenganlingkungannya
3. Memahamibagian-bagiantubuhpadamanusia,hewan,dantumbuhan,sertafungsinyadanperubahan
padamakhlukhidup7
4. Memahamiberagamsifatbendahubungannyadenganpenyusunnya,perubahanwujudbenda,dan
kegunaannya
5. Memahamiberbagaibentukenergi,perubahandanmanfaatnya
6. Memahamimataharisebagaipusattatasurya,kenampakandanperubahanpermukaanbumi,dan
hubunganperistiwaalamdengankegiatanmanusia
j. IlmuPengetahuanSosialSD/MI
1. Memahamiidentitasdiridankeluarga,sertamewujudkansikapsalingmenghormatidalam
kemajemukankeluarga
2. Mendeskripsikankedudukandanperananggotadalamkeluargadanlingkungantetangga,sertakerja
samadiantarakeduanya
3. Memahamisejarah,kenampakanalam,dankeragamansukubangsadilingkungankabupaten/kotadan
provinsi
4. Mengenalsumberdayaalam,kegiatanekonomi,dankemajuanteknologidilingkungankabupaten/kota
danprovinsi
5. Menghargaiberbagaipeninggalandantokohsejarahnasional,keragaman sukubangsasertakegiatan
ekonomidiIndonesia
6. Menghargaiperanantokohpejuangdalammempersiapkandanmempertahankankemerdekaan
Indonesia
7. MemahamiperkembanganwilayahIndonesia,keadaansosialnegaradiAsiaTenggarasertabenua-
benua
8. Mengenalgejala (peristiwa)alamyangterjadidiIndonesiadannegaratetangga,sertadapatmelakukan
tindakandalammenghadapibencanaalam
9. MemahamiperananIndonesiadieraglobal
k. SeniBudayadanKeterampilanSD/MI
Seni Rupa
1. Mengapresiasidanmengekspresikankeartistikankaryasenirupaterapanmelaluigambarilustrasi
dengantemabendaalamyangadadidaerahsetempat
2. Mengapresiasidanmengekspresikankeartistikankaryasenirupamurnimelaluipembuatanreliefdari
bahanplastisin/tanahliat yangadadidaerahsetempat
3. MengapresiasidanmengekspresikankeunikankaryasenirupaNusantaradenganmotifhiasmelalui
gambardekoratifdanilustrasibertemahewan,manusiadankehidupannyasertamotifhiasdengan
teknikbatik
4. Mengapresiasidanmengekspresikankeunikankarya senirupaNusantaradenganmotifhiasmelalui
gambardekoratifdanilustrasidengantemabebas
5. MengapresiasidanmengekspresikankeunikankaryasenirupaNusantaramelaluipembuatanbenda
kreatifyangsesuai denganpotensidaerahsetempat
SeniMusik
1. Mengapresiasidanmengekspresikankaryasenimusikdenganmemperhatikandinamikamelalui
berbagairagamlagudaerahdanwajibdenganiringanalatmusiksederhanadaerahsetempat
2. Mengapresiasidanmengekspresikankaryasenimusikdenganansambelsejenisdangabunganterhadap
berbagaimusik/laguwajib,daerahdanNusantara
3. Mengapresiasidanmengekspresikankaryasenimusikdenganmenyanyikanlaguwajib,daerahdan
Nusantaradenganmemainkanalat musiksederhanadaerahsetempat
SeniTari
1. Mengapresiasidanmengekspresikankaryasenitaridenganmemperhatikansimboldankeunikan
gerak,busana,danperlengkapantaridaerahsetempat
2. Mengapresiasidanmengekspresikankaryasenitaridenganmemperhatikansimboldankeunikan
gerak,busana,danperlengkapantariNusantara
3. MengapresiasidanmengekspresikanperpaduankaryasenitaridanmusikNusantara
Keterampilan
1. Mengapresiasidanmembuatkaryakerajinandaerahsetempatdenganteknikkonstruksi
2. Mengapresiasidanmembuatkaryakerajinandanbendapermainandenganteknikmeroncedan
makrame
3. Mengapresiasidanmembuatkaryakerajinananyamandenganmenggunakanberbagaibahan
4. Mengapresiasidanmembuatkaryabendamainanberodadenganmenggunakanberbagaibahan
l. PendidikanJasmani,OlahragadanKesehatanSD/MI
1. Mempraktekkan gerakdasarlari,lompat,danjalandalampermainansederhanasertanilai-nilaidasar
sportivitassepertikejujuran,kerjasama,danlain-lain8
2. Mempraktekkangerakritmikmeliputisenampagi,senamkesegaranjasmani(SKJ),danaerobik
3. Mempraktekkangerakketangkasansepertiketangkasandengandantanpaalat,sertasenamlantai
4. Mempraktekkangerakdasarrenangdalamberbagaigayasertanilai-nilaiyangterkandungdidalamnya
5. Mempraktekkanlatihankebugarandalambentukmeningkatkandayatahankekuatanotot,kelenturan
sertakoordinasiotot
6. Mempraktekkanberbagaiketerampilangerakdalamkegiatanpenjelajahandiluarsekolahseperti
perkemahan,piknik,danlain-lain
7. Memahamibudayahidupsehatdalambentukmenjagakebersihandiridanlingkungan,mengenal
makanansehat,mengenalberbagaipenyakitdanpencegahannyasertamenghindarkandiridarinarkoba
m. BahasaInggrisSD/MI
1. Mendengarkan
Memahamiinstruksi,informasi,danceritasangatsederhanayangdisampaikansecaralisandalam
kontekskelas,sekolah,danlingkungansekitar
2. Berbicara
Mengungkapkanmaknasecaralisandalamwacanainterpersonaldantransaksionalsangatsederhana
dalambentukinstruksidaninformasidalamkontekskelas, sekolah,danlingkungansekitar
3. Membaca
Membacanyaringdanmemahamimakna dalaminstruksi,informasi, teksfungsionalpendek,dan teks
deskriptifbergambarsangatsederhanayangdisampaikansecaratertulisdalamkontekskelas, sekolah,
danlingkungansekitar
4. Menulis
Menuliskankata, ungkapan,danteksfungsionalpendek sangat sederhanadengan ejaandantandabaca
yangtepat

1
LAMPIRANPERATURANMENTERIPENDIDIKANNASIONAL
NOMOR 23 TAHUN2006TANGGAL 23MEI2006
STANDARKOMPETENSILULUSAN (SKL)
A.STANDARKOMPETENSILULUSANSATUAN
PENDIDIKAN(SKL-SP)
StandarKompetensiLulusanSatuanPendidikan(SKL-SP)meliputi:
1. SD/MI/SDLB/PaketA;
2. SMP/MTs./SMPLB/PaketB;
3. SMA/MA/SMALB/PaketC;
4. SMK/MAK.
StandarKompetensiLulusanSatuanPendidikan(SKL-SP)dikembangkan
berdasarkan tujuansetiap satuan pendidikan,yakni:
1. PendidikanDasar,yangmeliputi SD/MI/SDLB/PaketAdan
SMP/MTs./SMPLB/PaketB bertujuan:Meletakkandasarkecerdasan,
pengetahuan,kepribadian,akhlakmulia,sertaketerampilanuntukhidup
mandiridanmengikutipendidikanlebihlanjut
2. PendidikanMenengah yangterdiriatas SMA/MA/SMALB/PaketC
bertujuan:Meningkatkankecerdasan,pengetahuan,kepribadian,akhlak
mulia,sertaketerampilanuntukhidupmandiridanmengikutipendidikan
lebihlanjut
3. PendidikanMenengahKejuruan yangterdiriatas SMK/MAK bertujuan:
Meningkatkankecerdasan,pengetahuan,kepribadian,akhlakmulia, serta
keterampilanuntukhidupmandiridanmengikutipendidikanlebihlanjut
sesuaidengankejuruannya
Adapun StandarKompetensiLulusan SatuanPendidikan(SKL-SP)
selengkapnyaadalah:
SD/MI/SDLB*/PaketA
1. Menjalankanajaranagamayangdianutsesuaidengantahap
perkembangananak
2. Mengenalkekurangandankelebihandirisendiri
3. Mematuhi aturan-aturansosialyangberlakudalamlingkungannya
4. Menghargaikeberagamanagama,budaya,suku,ras,dangolongansosial
ekonomidilingkungansekitarnya
5. Menggunakaninformasitentanglingkungan sekitar secaralogis,kritis,
dankreatif
6. Menunjukkankemampuanberpikirlogis,kritis,dankreatif,dengan
bimbinganguru/pendidik
7. Menunjukkanrasakeingintahuanyangtinggidanmenyadaripotensinya2
8. Menunjukkankemampuanmemecahkan masalahsederhanadalam
kehidupansehari-hari
9. Menunjukkankemampuanmengenaligejalaalamdansosialdilingkungan
sekitar
10. Menunjukkankecintaandankepedulianterhadaplingkungan
11. Menunjukkankecintaandankebanggaanterhadapbangsa,negara,dan
tanahairIndonesia
12. Menunjukkankemampuanuntukmelakukankegiatansenidanbudaya
lokal
13. Menunjukkankebiasaanhidupbersih,sehat,bugar,aman,dan
memanfaatkanwaktuluang
14. Berkomunikasisecarajelasdansantun
15. Bekerjasamadalamkelompok,tolong-menolong,danmenjagadirisendiri
dalamlingkungankeluargadantemansebaya
16. Menunjukkankegemaranmembacadanmenulis
17. Menunjukkanketerampilanmenyimak,berbicara,membaca,menulis,dan
berhitung
SMP/MTs/SMPLB*/PaketB
1. Mengamalkanajaranagamayangdianutsesuaidengantahap
perkembanganremaja
2. Memahamikekurangandankelebihandirisendiri
3. Menunjukkansikappercayadiri
4. Mematuhiaturan-aturansosialyangberlakudalamlingkunganyanglebih
luas
5. Menghargaikeberagaman agama,budaya,suku,ras,dan golongan sosial
ekonomidalamlingkupnasional
6. Mencaridanmenerapkan informasi darilingkungansekitardansumber-
sumberlainsecaralogis,kritis,dankreatif
7. Menunjukkankemampuanberpikirlogis,kritis,kreatif,daninovatif
8. Menunjukkankemampuanbelajarsecaramandirisesuaidenganpotensi
yangdimilikinya
9. Menunjukkankemampuanmenganalisisdanmemecahkanmasalahdalam
kehidupansehari-hari
10. Mendeskripsigejalaalamdansosial
11. Memanfaatkanlingkungansecarabertanggungjawab
12. Menerapkannilai-nilaikebersamaandalam kehidupanbermasyarakat,
berbangsa,danbernegarademiterwujudnyapersatuandalamNegara
KesatuanRepublikIndonesia
13. Menghargaikaryasenidanbudayanasional
14. Menghargaitugaspekerjaandanmemilikikemampuanuntukberkarya3
15. Menerapkanhidupbersih,sehat,bugar,aman,danmemanfaatkanwaktu
luang
16. Berkomunikasidanberinteraksisecaraefektifdansantun
17. Memahamihakdankewajibandiridanoranglaindalampergaulandi
masyarakat
18. Menghargaiadanyaperbedaanpendapat
19. Menunjukkankegemaranmembacadanmenulisnaskahpendeksederhana
20. Menunjukkanketerampilanmenyimak,berbicara,membaca,danmenulis
dalambahasaIndonesiadanbahasaInggrissederhana
21. Menguasaipengetahuanyangdiperlukanuntukmengikutipendidikan
menengah
SMA/MA/SMALB*/PaketC
1. Berperilaku sesuaidenganajaranagamayangdianutsesuaidengan
perkembanganremaja
2. Mengembangkandirisecaraoptimal denganmemanfaatkankelebihandiri
sertamemperbaikikekurangannya
3. Menunjukkansikappercayadiridanbertanggungjawabatasperilaku,
perbuatan,danpekerjaannya
4. Berpartisipasidalampenegakanaturan-aturansosial
5. Menghargaikeberagamanagama,bangsa,suku,ras,dangolongansosial
ekonomidalamlingkupglobal
6. Membangundanmenerapkaninformasi danpengetahuan secaralogis,
kritis,kreatif,daninovatif
7. Menunjukkankemampuanberpikirlogis,kritis,kreatif,daninovatif
dalampengambilankeputusan
8. Menunjukkankemampuanmengembangkanbudayabelajar untuk
pemberdayaandiri
9. Menunjukkansikapkompetitifdansportifuntukmendapatkanhasilyang
terbaik
10. Menunjukkankemampuanmenganalisisdanmemecahkanmasalah
kompleks
11. Menunjukkankemampuanmenganalisisgejalaalamdansosial
12. Memanfaatkanlingkungansecaraproduktifdanbertanggungjawab
13. Berpartisipasidalamkehidupanbermasyarakat,berbangsa,danbernegara
secarademokratisdalamwadahNegaraKesatuanRepublikIndonesia
14. Mengekspresikandirimelaluikegiatanseni danbudaya
15. Mengapresiasikaryasenidanbudaya
16. Menghasilkankaryakreatif,baikindividualmaupunkelompok
17. Menjagakesehatandankeamanandiri,kebugaranjasmani,serta
kebersihanlingkungan4
18. Berkomunikasilisandantulisansecaraefektifdansantun
19. Memahamihakdankewajibandiridanoranglaindalampergaulandi
masyarakat
20. Menghargaiadanyaperbedaanpendapatdanberempatiterhadaporanglain
21. Menunjukkanketerampilanmembacadanmenulisnaskahsecara
sistematisdanestetis
22. Menunjukkanketerampilanmenyimak,membaca,menulis,danberbicara
dalambahasaIndonesiadanInggris
23. Menguasaipengetahuanyangdiperlukanuntukmengikutipendidikan
tinggi
SMK/MAK
1. Berperilakusesuaidenganajaranagamayangdianutsesuaidengan
perkembanganremaja
2. Mengembangkandirisecaraoptimal denganmemanfaatkankelebihandiri
sertamemperbaikikekurangannya
3. Menunjukkansikappercayadiridanbertanggungjawabatasperilaku,
perbuatan,danpekerjaannya
4. Berpartisipasidalampenegakanaturan-aturansosial
5. Menghargaikeberagamanagama,bangsa,suku,ras,dangolongansosial
ekonomidalamlingkupglobal
6. Membangundanmenerapkaninformasi danpengetahuan secaralogis,
kritis,kreatif,daninovatif
7. Menunjukkankemampuanberpikirlogis,kritis,kreatif,daninovatif
dalampengambilankeputusan
8. Menunjukkankemampuanmengembangkanbudayabelajar untuk
pemberdayaandiri
9. Menunjukkansikapkompetitifdansportifuntukmendapatkan hasilyang
terbaik
10. Menunjukkankemampuanmenganalisisdanmemecahkanmasalah
kompleks
11. Menunjukkankemampuanmenganalisisgejalaalamdansosial
12. Memanfaatkanlingkungansecaraproduktifdanbertanggungjawab
13. Berpartisipasidalamkehidupanbermasyarakat,berbangsa,danbernegara
secarademokratisdalamwadahNegaraKesatuanRepublikIndonesia
14. Mengekspresikandirimelaluikegiatansenidanbudaya
15. Mengapresiasikaryasenidanbudaya
16. Menghasilkankaryakreatif,baikindividualmaupunkelompok
17. Menjagakesehatandankeamanandiri,kebugaranjasmani,serta
kebersihanlingkungan
18. Berkomunikasilisandantulisansecaraefektifdansantun5
19. Memahamihakdankewajibandiridanoranglaindalampergaulandi
masyarakat
20. Menghargaiadanyaperbedaanpendapatdanberempatiterhadaporanglain
21. Menunjukkanketerampilanmembacadanmenulisnaskahsecara
sistematisdanestetis
22. Menunjukkanketerampilanmenyimak,membaca,menulis,danberbicara
dalambahasaIndonesiadanInggris
23. Menguasaikompetensiprogramkeahliandankewirausahaanbaikuntuk
memenuhituntutanduniakerjamaupununtukmengikutipendidikantinggi
sesuaidengankejuruannya
Catatan:*BerlakuuntukA,B,D,E
SedangkanuntukC,C1,D1,danGditetapkan tersendiri
B. STANDARKOMPETENSIKELOMPOKMATA
PELAJARAN(SK-KMP)
StandarKompetensi KelompokMataPelajaran (SK-KMP) terdiriatas
kelompok-kelompokmatapelajaran:
1. AgamadanAkhlak Mulia;
2. KewarganegaraandanKepribadian;
3. IlmuPengetahuandanTeknologi;
4. Estetika;
5. Jasmani,OlahRaga,danKesehatan.
StandarKompetensiKelompokMataPelajaran(SK-KMP)dikembangkan
berdasarkan tujuandancakupanmuatandan/ataukegiatan setiap kelompok
matapelajaran,yakni:
1. Kelompokmatapelajaran AgamadanAkhlak Mulia bertujuan:
membentukpesertadidikmenjadimanusiayangberimandanbertakwa
kepadaTuhanYangMahaEsasertaberakhlakmulia.Tujuantersebut
dicapaimelaluimuatandan/ataukegiatanagama,kewarganegaraan,
kepribadian,ilmupengetahuandanteknologi,estetika,jasmani,olahraga,
dankesehatan.
2. Kelompokmatapelajaran KewarganegaraandanKepribadian bertujuan:
membentukpesertadidikmenjadimanusiayangmemilikirasakebangsaan
dancintatanahair.Tujuaninidicapaimelaluimuatandan/ataukegiatan
agama,akhlakmulia,kewarganegaraan,bahasa,senidanbudaya,dan
pendidikan jasmani.
3. Kelompokmatapelajaran IlmuPengetahuandanTeknologi bertujuan:
mengembangkanlogika,kemampuanberpikirdananalisispesertadidik.
PadasatuanpendidikanSD/MI/SDLB/PaketA,tujuaninidicapaimelalui
muatandan/ataukegiatanbahasa,matematika,ilmupengetahuanalam,
ilmupengetahuansosial,keterampilan/kejuruan,danmuatanlokalyang
relevan,6
PadasatuanpendidikanSMP/MTs/SMPLB/PaketB, tujuaninidicapai
melaluimuatandan/ataukegiatan bahasa,matematika,ilmupengetahuan
alam,ilmupengetahuansosial,keterampilan/kejuruan,dan/atauteknologi
informasidankomunikasi,sertamuatanlokalyangrelevan
PadasatuanpendidikanSMA/MA/SMALB/PaketC, tujuaninidicapai
melaluimuatandan/ataukegiatan bahasa,matematika,ilmupengetahuan
alam,ilmupengetahuansosial,keterampilan/kejuruan,teknologiinformasi
dankomunikasi,sertamuatanlokalyangrelevan
PadasatuanpendidikanSMK/MAK, tujuaninidicapaimelaluimuatan
dan/ataukegiatan bahasa,matematika,ilmupengetahuanalam,ilmu
pengetahuansosial,keterampilan,kejuruan,teknologiinformasidan
komunikasi,sertamuatanlokalyangrelevan
4. Kelompokmatapelajaran Estetika bertujuan:membentukkarakterpeserta
didikmenjadimanusiayangmemilikirasasenidanpemahamanbudaya.
Tujuaninidicapaimelalui muatandan/ataukegiatanbahasa,senidan
budaya,keterampilan,danmuatanlokalyangrelevan.
5. Kelompokmatapelajaran Jasmani,OlahRaga,danKesehatan bertujuan:
membentukkarakterpesertadidikagarsehatjasmanidanrohani,dan
menumbuhkanrasasportivitas. Tujuaninidicapaimelalui muatandan/atau
kegiatanpendidikanjasmani,olahraga,pendidikankesehatan,ilmu
pengetahuanalam,danmuatanlokalyangrelevan.
Adapun StandarKompetensi KelompokMataPelajaran(SK-KMP)untukmasing-
masingsatuan pendidikan selengkapnyaadalahsebagaiberikut:
1. Agama danAkhlakMulia
SD/MI/SDLB*/PaketA
1. Menjalankanajaranagamayangdianutsesuaidengantahap
perkembangananak
2. Menunjukkansikapjujurdanadil
3. Mengenalkeberagamanagama,budaya, suku,ras, dan golongansosial
ekonomidilingkungansekitarnya
4. Berkomunikasisecarasantunyangmencerminkanharkatdanmartabatnya
sebagaimakhlukTuhan
5. Menunjukkankebiasaanhidupbersih,sehat,bugar,aman,dan
memanfaatkanwaktuluangsesuaidengantuntunanagamanya
6. Menunjukkankecintaandankepedulianterhadapsesamamanusiadan
lingkungansebagai makhluk ciptaanTuhan
SMP/MTs/SMPLB*/PaketB
1. Mengamalkanajaranagamayangdianutsesuaidengantahap
perkembanganremaja
2. Menerapkannilai-nilaikejujuran dankeadilan
3. Memahamikeberagamanagama,budaya,suku,ras, dan golongansosial
ekonomi7
4. Berkomunikasidanberinteraksisecaraefektifdansantunyang
mencerminkanharkatdanmartabatnyasebagaimakhlukTuhan
5. Menerapkanhidupbersih,sehat,bugar,aman,danmemanfaatkanwaktu
luangsesuaidengantuntunanagamanya
6. Memanfaatkanlingkungansebagai makhluk ciptaanTuhansecara
bertanggungjawab
7. Menghargaiperbedaanpendapatdalammenjalankanajaranagama
SMA/MA/SMALB*/PaketC
1. Berperilakusesuaidenganajaran agamayangdianutsesuaidengan
perkembanganremaja
2. Menghargaikeberagamanagama,bangsa,suku,ras, golongansosial
ekonomi, danbudayadalamtatananglobal
3. Berpartisipasidalampenegakanaturan-aturansosial
4. Memahamihakdankewajibandiridanoranglaindalampergaulandi
masyarakat
5. Menghargaiadanyaperbedaanpendapatdanberempatiterhadaporanglain
6. Berkomunikasidanberinteraksisecara efektif dansantunmelaluiberbagai
caratermasukpemanfaatanteknologiinformasiyangmencerminkan
harkatdanmartabatnyasebagaimakhlukTuhan
7. Menjagakebersihan,kesehatan,ketahanandankebugaranjasmanidalam
kehidupansesuaidengantuntunanagama
8. Memanfaatkanlingkungansebagai makhluk ciptaanTuhansecara
bertanggungjawab
SMK/MAK
1. Berperilakusesuaidenganajaranagamayangdianutsesuaidengan
perkembanganremaja
2. Menghargaikeberagamanagama,bangsa,suku,ras,golongansosial
ekonomi,danbudayadalamtatananglobal
3. Berpartisipasidalampenegakanaturan-aturansosial
4. Memahamihakdankewajibandiridanoranglaindalampergaulandi
masyarakat
5. Menghargaiadanyaperbedaanpendapatdanberempatiterhadaporanglain
6. Berkomunikasidanberinteraksisecaraefektif dansantun melaluiberbagai
caratermasukpemanfaatanteknologiinformasiyangmencerminkan
harkatdanmartabatnyasebagaimakhlukTuhan
7. Menjagakebersihan,kesehatan,ketahanandankebugaranjasmanidalam
kehidupansesuaidengantuntunanagama
8. Memanfaatkanlingkungansebagai makhluk ciptaanTuhansecara
bertanggungjawab8
2. KewarganegaraandanKepribadian
SD/MI/SDLB*/PaketA
1. Menunjukkankecintaandankebanggaanterhadapbangsa,negara,dan
tanahairIndonesia
2. Mematuhiaturan-aturansosial yangberlakudalam lingkungannya
3. Menghargai keberagamanagama,budaya,suku,ras, dan golongansosial
ekonomidilingkungansekitarnya
4. Menunjukkankecintaandankepedulianterhadaplingkungan
5. Mengenalkekurangandankelebihandirisendiri
6. Menunjukkanrasakeingintahuanyangtinggidanmenyadaripotensinya
7. Berkomunikasisecarasantun
8. Menunjukkankegemaranmembaca
9. Menunjukkankebiasaanhidupbersih,sehat,bugar,aman, dan
memanfaatkanwaktuluang
10. Bekerjasama dalamkelompok,tolong-menolong,danmenjagadirisendiri
dalamlingkungankeluargadantemansebaya
11. Menunjukkankemampuanmengekspresikandirimelaluikegiatansenidan
budaya lokal
SMP/MTs/SMPLB*/PaketB
1. Menerapkankebersamaandalamkehidupanbermasyarakat,berbangsa,
danbernegarademiterwujudnya persatuandalamNegaraKesatuan
RepublikIndonesia
2. Mematuhi aturan-aturansosial,hukumdanperundangan
3. Menghargai keberagamanagama,budaya,suku,ras,dangolongan sosial
ekonomidalamlingkupnasional
4. Memanfaatkanlingkungansecarabertanggungjawab
5. Memahamikekurangandankelebihandirisendiri
6. Berkomunikasidanberinteraksisecara efektifdan santun
7. Menunjukkansikappercayadiri
8. Menunjukkankegemaranmembacadanmenulis
9. Menunjukkankemampuanbelajarsecaramandirisesuaidenganpotensi
yangdimilikinya
10. Menghargaitugaspekerjaandanmemilikikemampuanuntukberkarya
11. Menunjukkankebiasaanhidupbersih,sehat,bugar,danamandalam
kehidupansehari-hari
12. Memahamihakdankewajibandiridanoranglaindalampergaulandi
masyarakat
13. Menghargaiadanyaperbedaanpendapat
14. MenghargaikaryasenidanbudayanasionalIndonesia9
SMA/MA/SMALB*/PaketC
1. Berpartisipasidalamkehidupanbermasyarakat,berbangsa,danbernegara
secarademokratisdalamwadahNegaraKesatuanRepublikIndonesia
2. Berpartisipasidalampenegakanaturan-aturansosial,hukumdan
perundangan
3. Menghargaikeberagamanagama,bangsa,suku,ras, golongan sosial
ekonomi,dan budayadalamtatananglobal
4. Memanfaatkanlingkungansecaraproduktifdanbertanggungjawab
5. Mengembangkandirisecaraoptimal denganmemanfaatkankelebihandiri
sertamemperbaikikekurangannya
6. Berkomunikasidanberinteraksisecara efektifdan santunmelaluiberbagai
caratermasukpemanfaatanteknologiinformasi
7. Menunjukkansikappercayadiridanbertanggungjawabatasperilaku,
perbuatan,danpekerjaannya
8. Menunjukkankemampuanmengembangkanbudayabelajar untuk
pemberdayaandiri
9. Menunjukkankegemaranmembacadanmenulis
10. Berkaryasecarakreatif,baikindividualmaupunkelompok
11. Menjagakesehatan,ketahanan,dankebugaranjasmani
12. Menunjukkansikapkompetitifdansportifuntukmeningkatkanketaqwaan
danmemperkuatkepribadian
13. Memahamihakdankewajiban diridanoranglaindalampergaulandi
masyarakat
14. Menghargaiadanyaperbedaanpendapatdanberempatiterhadaporanglain
15. Menunjukkanapresiasiterhadapkaryaestetika
SMK/MAK
1. Berpartisipasidalamkehidupanbermasyarakat,berbangsa,danbernegara
secarademokratisdalamwadahNegaraKesatuanRepublikIndonesia
2. Berpartisipasidalampenegakanaturan-aturansosial,hukumdan
perundangan
3. Menghargaikeberagamanagama,bangsa,suku,ras,golongansosial
ekonomi,danbudayadalamtatananglobal
4. Memanfaatkanlingkungansecaraproduktifdanbertanggungjawab
5. Mengembangkandirisecaraoptimal denganmemanfaatkankelebihandiri
sertamemperbaikikekurangannya
6. Berkomunikasidanberinteraksisecaraefektifdansantunmelaluiberbagai
caratermasukpemanfaatanteknologiinformasi
7. Menunjukkansikappercayadiridanbertanggungjawabatasperilaku,
perbuatan,danpekerjaannya
8. Menunjukkankemampuanmengembangkanbudayabelajaruntuk
pemberdayaandiri10
9. Menunjukkankegemaranmembacadanmenulis
10. Berkaryasecarakreatif,baikindividualmaupunkelompok
11. Menjagakesehatan,ketahanan,dankebugaranjasmani
12. Menunjukkansikapkompetitifdansportifuntukmeningkatkanketaqwaan
danmemperkuatkepribadian
13. Memahamihakdankewajibandiridanoranglaindalampergaulandi
masyarakat
14. Menghargaiadanyaperbedaanpendapatdanberempatiterhadaporanglain
15. Menunjukkanapresiasiterhadapkaryaestetika
3. IlmuPengetahuandanTeknologi
SD/MI/SDLB*/PaketA
1. Mengenaldanmenggunakanberbagai informasitentanglingkungan
sekitar secaralogis,kritis,dankreatif
2. Menunjukkankemampuan berpikirlogis, kritis, dankreatif dengan
bimbinganguru/pendidik
3. Menunjukkanrasakeingintahuanyangtinggi
4. Menunjukkankemampuanmemecahkanmasalahsederhana dalam
kehidupansehari-hari
5. Menunjukkankemampuanmengenali gejala alamdansosial dilingkungan
sekitar
6. Menunjukkan keterampilanmenyimak,berbicara,membaca,menulis,dan
berhitung
7. Menunjukkankebiasaanhidupbersih,sehat,bugar,aman,dan
memanfaatkanwaktuluang
SMP/MTs/SMPLB*/PaketB
1. Mencaridanmenerapkan informasi secara logis,kritis,dankreatif
2. Menunjukkankemampuanberpikirlogis, kritis,dan kreatif
3. Menunjukkankemampuanbelajarsecaramandirisesuaidenganpotensi
yangdimilikinya
4. Menunjukkankemampuanmenganalisisdanmemecahkanmasalah dalam
kehidupansehari-hari
5. Mendeskripsi gejala alamdansosial
6. Memanfaatkanlingkungansecarabertanggungjawab
7. Menghargaitugaspekerjaandanmemilikikemampuanuntukberkarya
8. Menerapkanhidupbersih,sehatbugar,aman,danmemanfaatkanwaktu
luang
9. Memiliki keterampilanmenyimak,berbicara,membaca,danmenulis
dalambahasaIndonesiadanInggris sederhana11
10. Menguasaipengetahuanyangdiperlukanuntukmengikutipendidikan
menengah
SMA/MA/SMALB*/PaketC
1. Membangundanmenerapkaninformasi, pengetahuan, danteknologi
secaralogis,kritis,kreatif,daninovatif
2. Menunjukkankemampuanberpikirlogis,kritis,kreatif,daninovatif
secaramandiri
3. Menunjukkankemampuanmengembangkanbudayabelajar untuk
pemberdayaandiri
4. Menunjukkansikapkompetitif, sportif,danetoskerjauntukmendapatkan
hasilyangterbaikdalambidangiptek
5. Menunjukkankemampuanmenganalisisdanmemecahkanmasalah
kompleks
6. Menunjukkankemampuanmenganalisisfenomenaalamdansosialsesuai
dengankekhasandaerahmasing-masing
7. Memanfaatkanlingkungansecaraproduktifdanbertanggungjawab
8. Berkomunikasidanberinteraksisecara efektifdan santunmelaluiberbagai
caratermasukpemanfaatanteknologiinformasi
9. Menunjukkankegemaranmembacadanmenulis
10. Menunjukkanketerampilanmenyimak,membaca,menulis,danberbicara
dalambahasaIndonesiadanInggris
11. Menguasaipengetahuanyangdiperlukanuntukmengikutipendidikan
tinggi
SMK/MAK
1. Membangundanmenerapkaninformasi,pengetahuan,danteknologi
secaralogis,kritis,kreatif,daninovatif
2. Menunjukkankemampuanberpikirlogis,kritis,kreatif,daninovatif
secaramandiri
3. Menunjukkankemampuanmengembangkanbudayabelajaruntuk
pemberdayaandiri
4. Menunjukkansikapkompetitif,sportif,danetoskerjauntukmendapatkan
hasilyangterbaikdalambidangiptek
5. Menunjukkankemampuanmenganalisisdanmemecahkanmasalah
kompleks
6. Menunjukkankemampuanmenganalisisfenomenaalamdansosialsesuai
dengankekhasandaerahmasing-masing
7. Memanfaatkanlingkungansecaraproduktifdanbertanggungjawab
8. Berkomunikasidanberinteraksisecara efektifdan santunmelaluiberbagai
caratermasukpemanfaatanteknologiinformasi
9. Menunjukkankegemaranmembacadanmenulis
10. Menunjukkanketerampilanmenyimak,membaca,menulis,danberbicara
dalambahasaIndonesiadanInggris12
11. Menguasaikompetensiprogramkeahliandankewirausahaanbaikuntuk
memenuhituntutanduniakerjamaupununtukmengikutipendidikantinggi
sesuaidengankejuruannya
4. Estetika
SD/MI/SDLB*/PaketA
1. Menunjukkankemampuan untukmelakukan kegiatansenidanbudaya
lokal
SMP/MTs/SMPLB*/PaketB
1. Memanfaatkanlingkunganuntukkegiatanapresiasiseni
2. Menghargaikaryaseni,budaya,danketerampilansesuaidengankekhasan
lokal
3. Menunjukkankegemaranmembacadanmenuliskaryaseni
SMA/MA/SMALB*/PaketC
1. Memanfaatkanlingkunganuntukkegiatanapresiasidankreasiseni
2. Menunjukkanapresiasiterhadapkarya seni
3. Menunjukkankegemaranmembacadanmenuliskaryaseni
4. Menghasilkankaryakreatif,baikindividualmaupunkelompok
SMK/MAK
1. Memanfaatkanlingkunganuntukkegiatanapresiasidankreasiseni
2. Menunjukkanapresiasiterhadapkarya seni
3. Menunjukkankegemaranmembacadanmenuliskaryaseni
4. Menghasilkankaryakreatif,baikindividualmaupunkelompok
5. Jasmani,OlahRaga,danKesehatan
SD/MI/SDLB*/PaketA
1. Menunjukkankebiasaanhidupbersih,sehat,bugar,amandan
memanfaatkanwaktuluang
2. Mengenalberbagai informasi tentangpotensisumberdayalokaluntuk
menunjanghidupbersih,sehat,bugar,amandanmemanfaatkanwaktu
luang
SMP/MTs/SMPLB*/PaketB
1. Menunjukkankebiasaanhidupbersih,sehat,bugar,amandan
memanfaatkanwaktuluangdengan memanfaatkanlingkungansecara
bertanggungjawab
2. Mencaridanmenerapkanberbagai informasi tentangpotensisumberdaya
lokaluntukmenunjanghidupbersih,sehat,bugar,amandan
memanfaatkanwaktuluang13
SMA/MA/SMALB*/PaketC
1. Menjagakesehatan,ketahanan,dankebugaranjasmani
2. Membangundanmenerapkaninformasi danpengetahuan potensilokal
untukmenunjangkesehatan, ketahanan,dankebugaranjasmani
3. Menunjukkansikapkompetitifdansportifuntukmendapatkanhasilyang
terbaikdalambidangpendidikanjasmani,olahraga,dankesehatan
SMK/MAK
1. Menjagakesehatan,ketahanan,dankebugaranjasmani
2. Membangundanmenerapkaninformasidanpengetahuan potensilokal
untukmenunjangkesehatan, ketahanan,dankebugaranjasmani
3. Menunjukkansikapkompetitifdansportifuntukmendapatkanhasilyang
terbaikdalambidangpendidikanjasmani,olahraga,dankesehatan
Catatan:*BerlakuuntukA,B,D,E
SedangkanuntukC,C1,D1,danGditetapkantersendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar